facebook

Hati-hati, Kebiasaan Beser dan Mengompol Pada Lansia Bisa Jadi Tanda Penyakit

Risna Halidi | Lilis Varwati
Hati-hati, Kebiasaan Beser dan Mengompol Pada Lansia Bisa Jadi Tanda Penyakit
Ilustrasi lansia. (Pixabay)

Kebiasaan beser bisa jadi tanda lansia mengidap penyakit lain.

Suara.com - Kebiasaan terlalu sering buang air kecil atau beser pada orang lanjut usia (lansia) tidak boleh dianggap wajar. Jika hal tersebut terus berulang dalam waktu tertentu, justru bisa jadi tanda lansia mengidap penyakit lain.

Dokter spesialis urologi Prof. dr. Siti Setiati menjelaskan,normalnya berkemih atau buang air kecil (BAK) dilakukan setiap 4-5 jam sekali.

Tetapi pada seseorang yang mengalami gangguan kantung kemih, BAK bisa terjadi setiap 1-2 jam sekali dan secara tiba-tiba.

"Biasanya kencing 5 sampai 6 kali dalam sehari, ini bisa 8 bahkan 11 sampai 12 kali bahkan malam hari bisa berkemih berkali-kali, dua kali sampai lebih terbangun malam hari," kata dokter Siti dalam webinar daring, Kamis (19/8/2021).

Baca Juga: Ragam Manfaat dari Buah Pisang dan Bagian Pohonnya

Kantung kencing yang normal akan mampu menahan urin hingga 500 cc. Sedangkan pada lansia yang alami gangguan kesehatan, bisa jadi kantung kencingnya hanya bisa menahan 200 sampai 300 cc kemudian sudah ingin BAK.

"Pada orang tua, kita tahu banyak penyakit yang menyebabkan hal itu, darah tinggi, kencing manis, stroke, demensi atau kepikunan. Penyakit-penyakit ini saling berinteraksi satu sama lain sehingga memudahkan orang tua jadi cepat berkemih," jelasnya.

Terutama pada lansia yang mengidap penyakit kencing manis atau gula darah tinggi, kemungkinan untuk terus BAK akan semakin sering, bisa sampai 10 hingga 15 kali dalam sehari. 

Dokter Siti juga menjelaskan, pada orang tua ada yang namanya sindrom geriatri yang bisa memicu kantong kencing jadi lebih hiperaktif dan diikuti dengan inkontinensia atau mengompol.

"Ini bukan sesuatu yang normal, mengompol pada lansia sebetulnya bisa kita atasi," ucapnya.

Baca Juga: Pada Lansia, Vaksin Moderna Tingkatkan Antibodi Lebih Tinggi Ketimbang Pfizer

Ada banyak faktor yang menyebabkan lansia jadi beser bahkan mengompol. Salah satunya akibat faktor penuaan pada otot kantung kencing yang terlalu sensitif sehinggamudah berkontraksi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar