alexametrics

Vaksin Covid-19 Melalui Hidung, Ini Keunggulannya dari Vaksin Suntik!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Vaksin Covid-19 Melalui Hidung, Ini Keunggulannya dari Vaksin Suntik!
Ilustrasi vaksin COVID-19 yang diberikan lewat hidung. [ANTARA/Shutterstock]

Para ilmuwan mulai mengembangkan vaksin Covid-19 melalui hidung.

Suara.com - Beberapa vaksin Covid-19 telah terbukti aman dan menawarkan perlindungan yang cukup efektif terhadap virus corona Covid-19. Tapi, semua vaksin Covid-19 itu diberikan menggunakan metode suntik.

Para ilmuwan pun berusaha membuat vaksin Covid-19 melalui hidung. Karena, vaksin hidung dianggap sebagai harapan baru dalam melawan virus corona Covid-19.

Bharat Biotech di Hyderabad yang membuat vaksin Covid-10 Covaxin pun berupaya mengembangkan satu dosis vaksin hidung yang bisa memperkuat kekebalan tubuh seseorang.

Meskipun sejumlah vaksin Covid-19 yang sudah disetujui penggunaannya ini telah melalui banyak evaluasi klinis dan memiliki tingkat kemanjuran yang menjanjikan. Beberapa ahli percaya bahwa vaksin Covid-19 yang diberikan melalui hidung jauh lebih efektif dibandingkan vaksin suntik.

Baca Juga: Bisakah Anda Terinfeksi 2 Varian Virus Corona Covid-19?

Saat ini dilansir dari Times of India, vaksin Covid-19 yang digunakan berfungsi menambah respons imun seseorang untuk melawan virus corona.

Sementara itu, para ilmuwan telah mengembangkan metode vaksin hidung sejak tahun 2020 lalu. Mereka sedang menjanjikan vaksin hidung ini sebagai dosis penguat.

Ilustrasi vaksin Covid-19 (Unsplash.com/@3dparadise).
Ilustrasi vaksin Covid-19 (Unsplash.com/@3dparadise).

Vaksin Hidung

Vaksin hidung atau vaksin intranasal adalah jenis vaksin yang mendorong respons imun ketika baru disuntikan atau dimasukkan melalui hidung, bukan disuntikan ke lengan.

Vaksin hidung ini biasanya diberikan melalui jarum suntik, semprotan hidung atau pengiriman aerosol yang disuntikan langsung ke rongga hidung.

Baca Juga: Deteksi Virus Corona Covid-19, Perhatikan 5 Perubahan Kuku Ini!

Meskipun vaksin hidung ini termasuk konsep baru, tapi vaksin Covid-19 hidung lebih menargetkan sel-sel kekebalan yang ada di saluran pernapasan di sepanjang lapisan hidung dan menciptakan respons kekebalan yang efektif untuk menghasilkan antibodi kuat.

Komentar