alexametrics

Hindari 5 Jenis Air Berikut untuk Bantu Telan Obat, Bisa Berbahaya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana
Hindari 5 Jenis Air Berikut untuk Bantu Telan Obat, Bisa Berbahaya
Ilustrasi minum obat

Berikut beberapa jenis minuman yang sebaiknya tidak Anda gunakan untuk bantu telan obat.

Suara.com - Sudah menjadi hal umum untuk menelan obat dengan bantuan air minum. Meskipun begitu, Anda perlu berhati-hati karena tak sembarang air bisa disandingkan dengan obat-obatan Anda. 

Melansir dari Eat This, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Saudi Pharmaceutical Journal, ada beberapa minuman yang sebaiknya tidak disandingkan dengan obat baik dalam bentuk pil, kapsul, maupun tablet, antara lain: 

1. Kopi

Kopi mengandung senyawa kuat dan kafein yang berpotensi menyebabkan interaksi obat. Penelitian menunjukkan minuman panas dan kopi dapat mengubah kimia obat hancur.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Obat Covid-19 Oseltamivir Berbahaya dan Mematikan?

2. Jus jeruk

Dikenal kaya Vitamin C, jus jeruk mungkin menjadi minuman yang Anda konsumsi saat cuaca buruk. Dalam kasus penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa jus jeruk adalah salah satu minuman utama yang memengaruhi pelepasan obat yang sebanding dengan Tylenol.

3. Cola

Sudah diketahui bahwa minuman berkaronasi tidak menyehatkan, apalagi jika dibarengi dengan obat. Minuman berkarbonasi seperti cola adalah salah satu minuman yang memengaruhi disintegrasi sebagian besar obat.

Ilustrasi minum obat. (Shutterstock)
Ilustrasi minum obat. (Shutterstock)

4. Minuman Energi

Baca Juga: Bikin Penasaran, Ini Lima Minuman yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Minuman energi juga termasuk di antara minuman yang menurut para peneliti sarankan untuk disandingkan saat meminum obat-obatan. Hal tersebut karena minuman ini mengandung gula tinggi serta kafein. 

5. Buttermilk atau susu biasa

Penggunaan buttermilk oleh para ilmuwan mungkin juga menunjukkan bahwa minuman susu secara umum mungkin tidak ideal untuk diminum bersama pil Anda.

Komentar