alexametrics

Seberapa Efektif Tes Antigen untuk Deteksi Virus Corona Covid-19?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Seberapa Efektif Tes Antigen untuk Deteksi Virus Corona Covid-19?
Ilustrasi Tes Covid-19, tes antigen. (Shutterstock)

Saat ini, permintaan tes antigen cukup tinggi di tengah ancaman virus corona Covid-19 varian Delta.

Suara.com - Selama setahun, sudah banyak tes Covid-19 yang membantu mendeteksi virus corona Covid-19. Salah satunya, tes antigen yang membantu deteksi virus corona Covid-19 lebih cepat.

Tes antigen untuk virus corona Covid-19 ini juga digunakan di Indonesia maupun di luar negeri. Tapi, tak banyak yang tahu pasti tingkat akurasi tes antigen untuk virus corona Covid-19.

Tes antigen dan molekuler yang digunakan untuk tes virus corona Covid-19 berfungsi untuk mengidentifikasi keberadaan komponen virus di dalam tubuh. Khususnya tes antigen, yang mendukung beberapa tes Covid-9 dengan hasil cepat.

Tes antigen ini menggunakan teknologi untuk melacak protein dalam strain virus corona Covid-19 di dalam tubuh dan membagikan tes positif dan negatif.

Baca Juga: Studi Baru Sebut Virus Corona Covid-19 Bukan Penyakit Pernapasan, Ini Faktanya!

Pengujian molekuler juga dikenal sebagai pengujian PCR (Polymerase Chain Reaction) yang membantu mengidentifikasi RNA atau komponen genetik virus. Karena itu, tes PCR digolongkan sebagai tes standar emas.

Ilustrasi Virus Corona Covid-19 (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus Corona Covid-19 (Unsplash/CDC)

Kedua tes Covid-19 tersebut dilakukan dengan cara yang sama menggunakan metode usap tenggorokan atau hidung yang mengambil sampel air liur untuk melacak virus corona Covid-19.

Tapi, tes PCR dan tes antigen memberikan hasil virus corona Covid-19 dalam jangka waktu yang berbeda. Karena, tes PCR membutuhkan peralatan diagnostik khusus yang membuat biasanya mahal dan menjalankan komponen virus melalui siklus berulang untuk menemukan hasilnya.

Sedangkan dilansir dari Times of India, teh antigen mencuri protein yang hasilnya mudah diverifikasi dengan cara ekonomis dan hemat waktu. Karena itu, hasil tes antigen bisa memberikan hasil dalam 15-20 menit.

Sementara itu, tes PCR bisa memakan waktu hingga minimal 24 jam untuk memberikan hasil positif atau negatif virus corona Covid-19. Tapi, hasil tes PCR juga bisa membutuhkan waktu lebih lama untuk menunjukkan hasilnya jika permintaannya tinggi.

Baca Juga: Tetap Waspada! Ada 2.194 Varian Covid-19 di Indonesia, Delta Paling Banyak

Saat ini, permintaan tes antigen pun cukup tinggi belakangan ini. Apalagi, setelah Munculnya varian Delta yang menyebabkan lonjakan kasus virus corona Covid-19.

Komentar