alexametrics

Ketahui Penyebab dan Dampak Perasaan Kesepian

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
Ketahui Penyebab dan Dampak Perasaan Kesepian
Ilustrasi kesepian (unsplash.com/Anthony Tran)

Kesepian digambarkan sebagai seseorang yang menyendiri di suatu tempat.

Suara.com - Rasa kesepian yang dialami manusia, merupakan emosi universal dan kompleks yang biasa ditemukan di setiap individu.

Biasanya perasaan ini muncul ketika mereka tidak punya teman, ditinggal orang yang dicintai, dan perasaan ditolak di lingkungan.

Kesepian digambarkan sebagai seseorang yang menyendiri di suatu tempat.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk pelampiasan di mana mereka tidak diinginkan di lingkungan sehingga mencari tempat yang bisa menerimanya. Di sisi lain, orang kesepian juga biasanya sulit menjalin hubungan dengan orang lain.

Baca Juga: Marah-marah dan Kasar pada Kurir COD, Emak Ini Bikin Netizen Geram

Rasa kesepian melanda usia atau periode orang tertentu. (Shutterstock)
Rasa kesepian. (Shutterstock)

Melansir dari Verry Well Mind, para ahli mengatakan bahwa perasaan kesepian tidak selalu berarti orang tersebut sendirian.

Penyebab seseorang mengalami perasaan kesepian
Faktor terjadinya seseorang mengalami kesepian antara lain mulai dari isolasi fisik, beradaptasi di lingkungan baru, dan perceraian.

Selain itu, kontribusi kesepian juga terjadi pada kematian seseorang, di mana kehadiran mereka sangat berharga di kehidupan individu.

Faktor psikologis juga memengaruhi terjadinya kesepian, salah satunya gangguan kejiwaan seperti depresi. Menurut penelitian yang telah diungkap dari Verry Well Mind, depresi menjadi faktor pemicu terjadinya kesepian.

Tidak hanya itu, munculnya kesepian juga terjadi pada faktor internal, di mana seseorang mengalami harga diri yang rendah, kurang percaya diri, dan kurangnya perhatian orang lain.

Baca Juga: Protes PPKM, Emak Ini Emosi sampai Lepas Baju di Kantor DPRD

Selain itu, faktor kepribadian juga berperan terjadinya kesepian. Seperti kepribadian introvert misalnya, yang cenderung sulit mencari koneksi sosial dan jaringan antar-pertemanan.

Komentar