alexametrics

Usai Vaksin Covid-19, Ini Cara Bedakan Gejala Infeksi Virus Corona dan Alergi

Cesar Uji Tawakal | Shevinna Putti Anggraeni
Usai Vaksin Covid-19, Ini Cara Bedakan Gejala Infeksi Virus Corona dan Alergi
Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/Coyot)

Banyak orang mungkin bingung membedakan gejala virus corona Covid-19 dan alergi setelah vaksin Covid-19.

Suara.com - Di tengah munculnya berbagai macam varian virus corona Covid-19 yang mengkhawatirkan. Vaksin Covid-19 menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Tapi, suntik vaksin Covid-19 juga tidak membuat seseorang menjadi kebal dari virus corona Covid-19. Beberapa orang masih bisa terinfeksi virus corona meskipun sudah suntik vaksin Covid-19.

Karena meningkatkan jumlah kasus infeksi virus corona pada orang yang sudah vaksin Covid-19, orang-orang semakin skeptis dan mulai meragukan efektivitas vaksin Covid-19.

Laporan mengenai orang yang sudah vaksinasi lengkap dan tertular virus corona Covid-19 telah menjadi sumber perhatian utama. Kondisi ini disebut sebagai infeksi terobosan yang sudah lebih umum terjadi daripada sebelumnya.

Baca Juga: Belum Mendapatkan Vaksin Covid-19, 3.000 Nakes Prancis Ditangguhkan

Seseorang yang sudah vaksinasi masih bisa terinfeksi virus corona Covid-19, karena munculnya berbagai varian virus corona, seperti varian Delta. Hal ini disebabkan oleh kurangnya tingkat kekebalan seseorang dari vaksin Covid-19.

Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/mohamed_hassan)

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dilansir dari Times of India, juga menyatakan bahwa kasus infeksi terobosan mungkin telah meningkat, karena sekarang ini lebih banyak orang yang sudah vaksin Covid-19.

Tapi, orang yang sudah vaksinasi dan terinfeksi virus corona biasanya asimtomatik atau hanya mengembangkan gejala ringan hingga sedang yang tidak membutuhkan perawatan medis.

Dalam beberapa kasus, mereka yang sudah vaksinasi juga bisa berisiko meninggal akibat virus corona Covid-19.

Gejala umum virus corona Covid-19 termasuk demam, batuk terus-menerus, sakit kepala dan kehilangan indra penciuman dan rasa.

Baca Juga: Benarkah Makan Buah dan Sayuran Turunkan Risiko Infeksi Virus Corona?

Tapi, aplikasi ZOE COVID Symptom Study menemukan gejala virus corona Covid-19 yang berbeda pada orang yang sudah vaksinasi lengkap.

Komentar