alexametrics

Resep Nasi Putih Kaya Serat ala Dokter Zaidul Akbar, Dijamin Lebih Sehat!

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Resep Nasi Putih Kaya Serat ala Dokter Zaidul Akbar, Dijamin Lebih Sehat!
Ilustrasi nasi

Dokter Zaidul Akbar memberikan resep nasi putih kaya serat protein, dan probiotik.

Suara.com - Banyak pakar kesehatan termasuk Dokter Zaidul Akbar, yang menyarankan untuk mengurangi asupan nasi putih, karena tinggi kandungan gula.

Namun bagi mereka yang sudah terbiasa, mengurangi nasi putih sebagai sumber karbohidrat kerap terasa sulit. Itulah kenapa dr. Zaidul memberikan resep nasi putih kaya serat protein, dan probiotik.

Sebanyak dua resep ia bagikan di kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, dikutip suara.com, Selasa (21/9/2021). Lihat videonya di sini.

"Maka nasi Anda full serat dan protein, full probiotik. Ada sensasi manisnya, di situ. Aneh, tapi enaknya minta ampun, saya udah nyobain," ungkap dr. Zaidul.

Baca Juga: French Toast ala Hongkong, Menu Sarapan Praktis dan Anti Ribet

1. Resep nasi putih tumis sereh

Ilustrasi nasi putih. (Pixabay)
Ilustrasi nasi putih. (Pixabay)

Cara membuatnya serupa seperti nasi goreng, tapi bukan nasinya yang digoreng melainkan hanya menumis bumbunya saja.

Terdiri dari cabe rawit, bawang putih, tambahkan sedikit sereh. Lalu ditumis menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun, menggunakan api kecil, timus sebentar hingga harum.

"Nanti tambahkan garam sedikit, garam putih atau garam laut, yang sehat, sama tambahkan lada hitam," kata dr. Zaidul.

Selanjutnya bumbu ini dimasukan ke dalam beras yang sudah siap dimasak dalam rice cooker, aduk dan biarkan hingga nasi matang.

Baca Juga: Resep Ikan Bumbu Kuning ala Warteg, Renyah Gurih Nagih

"Resep ini dalam rangka kasih serat dan mineral penting ke nasi. Sehingga nasi tidak terlalu berat untuk dicerna badan kita," jelasnya.

2. Resep nasi putih sambal kurma

Ilustrasi kurma (Unsplash/Mona Mok)
Ilustrasi kurma (Unsplash/Mona Mok)

Campuran resep ini terdiri dari cabe rawit, kurma, bawang putih dan sedikit garam. Lalu, tambahkan kurma sebagai pengganti gula merah atauh gula putih untuk pemanis.

"Diulek sebentar lalu, tempenya agak ancur masukin ke nasinya yang sudah matang di rice cooker, lalu campurkan," pungkas dr. Zaidul.

Komentar