alexametrics

Jangan Diabaikan, Ini 5 Kesalahan Olahraga yang Harus Dihindari!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Jangan Diabaikan, Ini 5 Kesalahan Olahraga yang Harus Dihindari!
Ilustrasi olahraga. (Unsplash.com/Gursimrat Ganda)

Ada beberapa kesalahan olahraga yang seharusnya dihindari.

Suara.com - Olahraga sangat baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tapi, banyak orang yang masih melakukan kesalahan dalam olahraga yang tanpa disadari berdampak pada kesehatan.

Pelatih pribadi dan duta Massal Hayley Madigan dan Alex Crockford telah berbagi kesalahan olahraga yang seringkali dilakukan banyak orang.

Berikut ini dilansir dari Metro UK, beberapa kesalahan olahraga yang harus diperbaiki.

1. Olahraga terlalu banyak sekaligus

Baca Juga: Infeksi Sinus vs Virus Corona Covid-19, Begini Cara Bedakan Gejalanya!

Saat Anda termotivasi untuk menjalani gaya hidup sehat, Anda mungkin cenderung melakukan berbagai macam olahraga sekaligus. Sedangkan, alangkah lebih baik untuk melakukan olahraga secara bertahap.

Alex Crockford menyarankan orang-orang untuk fokus pada pencapaian satu tujuan dari olahraga. Setelah tujuan itu tercapai, Anda bisa menentukan tujuan berikutnya.

Ilustrasi olahraga (unsplash.com).
Ilustrasi olahraga (unsplash.com).

2. Kurang istirahat

Istirahat setelah olahraga berat sangat penting untuk pemulihan dan pengisian kembali bahan bakar tubuh. Karena, tubuh membuat microtears di otot ketika Anda olahraga angkat beban. Kondisi ini bisa dipulihkan dengan istirahat untuk menciptakan pertumbuhan. Sayangnya, banyak orang kurang menyadari pentingnya istirahat setelah olahraga.

3. Fokus pada pencapaian jangka pendek

Baca Juga: Studi: Virus Corona Covid-19 Lebih Mudah Menular Lewat Udara

Anda perlu memahami bahwa olahraga diperlukan tidak hanya untuk waktu sesaat. Maksudnya, Anda tidak bisa berhenti berolahraga ketika pencapaian Anda sudah tercapai.

Selain itu, Anda juga tidak bisa mencapai tujuan berolahraga itu dalam waktu semalam. Karena itulah jangan terlalu fokus dengan pencapain jangka pendek. Pahami bahwa olahraga harus dilakukan secara rutin dan sepanjang waktu untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

4. Tidak cukup makan

Olahraga rutin tanpa makan yang cukup akan menjadi sia-sia. Olahraga memang membantu membentuk otot-otot. Tapi, Anda bisa membangun kembali otot yang lebih kuat dan membuat tubuh lebih berenergi dengan mengonsumsi makanan bernutrisi yang benar.

Dalam hal ini, asupan protein sangat penting untuk memperbaiki dan membangun kembali otot agar lebih kuat dan pulih. Anda perlu mengonsumsi protein dalam jumlah cukup setiap hari.

5. Kurang tidur

Olahraga memang sangat penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Tapi, kurang tidur juga termasuk bagian penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Menurut Alex, tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Tidur yang cukup bisa membuat Anda jauh lebih berenergi dan mambantu mencapai tujuan berolahraga lebih cepat.

Komentar