alexametrics

Update Covid-19 Global: CDC Ingin Vaksin Booster untuk Lansia, Bukan Tenaga Kesehatan

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Update Covid-19 Global: CDC Ingin Vaksin Booster untuk Lansia, Bukan Tenaga Kesehatan
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Dok: Istimewa)

CDC merekomendasikan dosis ketiga atau vaksin booster untuk kelompok usia 65 tahun ke atas atau lansia, dan orang dengan komorbid atau penyakit penyerta.

Suara.com - Pusat Pengandalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC merekomendasikan dosis ketiga atau vaksin booster untuk kelompok usia 65 tahun ke atas atau lansia, dan orang dengan komorbid atau penyakit penyerta.

Penyakit penyerta tersebut di antaranya kanker, diabetes, sakit jantung, hingga sakit ginjal kronis dan gangguan paru-paru.

Selain itu CDC juga menolak wacana vaksin booster untuk orang dewasa muda, termasuk tenaga kesehatan yang tinggal atau bekerja di lokasi berisiko tinggi tertular Covid-19.

Meski begitu, pedoman vaksin booster ini belum sepenuhnya disetujui karena masih harus disetujui dan ditandatangani oleh Direktur CDC, Rochelle Walensky.

Baca Juga: Pemkot Cimahi Bakal Datangi Rumah Warganya yang Belum Vaksinasi COVID-19

Selain itu, rekomendasi juga sifatnya tidak bersifat keharusan atau mengikat, sehingga negara bagian tetap berhak mengabaikan atau menggunakan pendekatan lain untuk pemberian suntikan vaksin booster.

Di sisi lain, mengutip Channel News Asia, Badan Pengawas Obat dan Makanan atau Badan POM AS yakni FDA membuka kesempatan pemberian vaksin booster pada pekan ini untuk jutaan orang yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua dari suntikan Pfizer-BioNTech.

Rekomendasi CDC juga menyebutkan, orang yang mendapatkan vaksin booster Pfizer, memerlukan rentan waktu enam bulan usai penyuntikan vaksin dosis kedua.

Sementara itu update covid-19 global mencatat angka infeksi dunia menurut data Worldometers, Jumat (24/9/2021) sebanyak 231 juta orang terinfeksi Covid-19, dengan 4,7 juta orang meninggal dunia dan 208 juta orang berhasil dinyatakan sembuh.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi Lansia di Bawah 60 Persen, DIY Belum Bisa Turun Level PPKM

Komentar