alexametrics

Merasa Stres dan Tak Berenergi, Minum 4 Teh Berikut Bisa Jadi Solusi

Cesar Uji Tawakal | Fita Nofiana
Merasa Stres dan Tak Berenergi, Minum 4 Teh Berikut Bisa Jadi Solusi
Ilustrasi Teh Peppermint. (Pixabay)

Empat jenis teh berikut disebut bisa membantu Anda lebih berenergi dan mengurangi stres.

Suara.com - Ada saatnya Anda merasa stres dan suasana hati yang buruk. Dalam kondisi tersebut, asupan yang Anda konsumsi ternyata bisa berpengaruh. 

Melansir dari Healthshots, ada berbagai makanan yang bisa pengaruhi suasana hati, salah satunya adalah teh. Faktanya teh disebut memiliki efek yang bisa menenagkan suasana hati. Kandungan kafein dalam teh juga bermanfaat untuk meningkatkan energi Anda. 

Berikut jenis teh yang bisa membantu Anda meningkatkan suasana hati, antara lain:

1. Teh hijau

Baca Juga: Isi Ulang Energi dengan 4 Kegiatan Santai Tapi Seru

Teh hijau adalah salah satu minuman yang paling populer dan banyak dikonsumsi karena menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Kafein dalam teh hijau akan memberikan dorongan energi yang lebih halus daripada minum kopi. 

Secara keseluruhan, teh hijau membantu membersihkan tubuh Anda dan baik untuk pikiran Anda.

Jika Anda telah menjalani hari yang panjang, minum teh hijau akan membuat Anda merasa segar dan tenang. Sesuai studi oleh Journal of Functional Foods, profil nutrisi teh hijau membantu memperlambat penyerapan kafein dan menginduksi efek menenangkan.

Studi ini juga menyoroti bahwa teh hijau membantu menurunkan tingkat kecemasan. 

2. Teh chamomile

Baca Juga: Kenali 2 Jenis Stres, Ternyata Tidak Selalu Buruk Bagi Tubuh

Teh chamomile dapat mengurangi stres hingga mendorong tidur.  Teh chamomile adalah salah satu minuman dengan banyak manfaat.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PubMed Central, chamomile dapat memainkan peran besar dalam mengurangi perasaan stres dan membantu Anda rileks setelah hari yang panjang.

Ilustrasi teh. (Pixabay.com/dungthuyvunguyen)
Ilustrasi teh. (Pixabay.com/dungthuyvunguyen)

3. Teh peppermint

Dalam hal kesejahteraan emosional, tidak ada yang lebih baik daripada teh peppermint. Sifat dingin dan menyegarkan mint bekerja sebagai obat yang baik untuk menyeimbangkan keadaan emosional Anda. 

Sebuah penelitian oleh Journal of Medicinal Plants mengungkapkan bahwa aroma teh peppermint dapat membantu menginduksi relaksasi. Studi ini juga menyoroti bahwa teh peppermint memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit, dan mengurangi kadar kortisol, yang secara instan dapat meningkatkan suasana hati Anda.


4. Teh hitam

Dari semua teh, teh hitam paling sering dikaitkan dengan kewaspadaan dan energi. Menurut Badan Pengawas Obat dan makanan Amerika Serikat (FDA), secangkir teh hitam menyediakan sekitar 60 hingga 90 mg. 

Sebuah studi yang diterbitkan oleh University College London mengungkapkan bahwa orang yang minum teh hitam setiap hari cenderung mengalami penurunan tingkat stres yang signifikan. Teh ini membantu kadar hormon stres kembali normal, dan itulah mengapa Anda merasakan perbedaan.

Komentar