alexametrics

Ingin Nonton PON XX Papua 2021? Ketahui Dulu Protokol Kesehatan untuk Penonton

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Ingin Nonton PON XX Papua 2021? Ketahui Dulu Protokol Kesehatan untuk Penonton
Ilustrasi PON XX Papua 2021. Pemandangan udara Stadion Lukas Enembe di Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. [ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/wsj]

Protokol kesehatan akan diterapkan selama PON XX Papua 2021 guna mencegah penularan Covid-19.

Suara.com - Masyarakat perlu tahu protokol kesehatan untuk penonton Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2021 yang siap dihelat pada 2 hingga 15 Oktober 2021 mendatang.

Diungkap Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi, syarat utama menjadi penonton PON XX Papua 2021 sudah mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19 lengkap alias dua dosis.

"Penonton diminta sudah vaksin 2 kali, dibuktikan dengan sertifikat vaksin," ujar Sonny dalam acara diskusi BNPB, Sabtu (25/9/2021).

Sertifikat vaksin ini bisa dilihat dan diakses melalui aplikasi Pedulilindungi, baik untuk masuk ke lokasi pertandingan ataupun status kesehatan penonton.

Baca Juga: 89 Atlet Sepatu Roda dari 16 Provinsi Siap Bersaing di PON Papua

Selain itu, penonton wajib melakukan tes antigen Covid-19, yang biayanya ditanggung oleh pemerintah dan tidak menggunakan uang pribadi.

Tidak hanya itu, wajib juga menggunakan masker yang disetujui, misalnya masker medis dan masker dua lapis.

Catatan lainnya, penonton hanya bisa duduk di tribun zona dua dan zona tiga, yakni area luar stadion. Selebihnya tribun zona satu hanya bisa diakses oleh atlet, wasit, dan tim PON XX Papua 2021.

"Di papua kita berupaya memitigasi, intinya mendorong protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pembatasan interaksi dan pihak yang terlibat," pungkas Sonny.

Baca Juga: Wisata Situs Tsunami Kapal PLTD Apung Kembali Dibuka Secara Normal

Komentar