alexametrics

Pasangan Rumah Tangga Cenderung Alami Masalah Kesehatan yang Sama, Kok Bisa?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Pasangan Rumah Tangga Cenderung Alami Masalah Kesehatan yang Sama, Kok Bisa?
Ilustrasi pasangan (pexels.com/Rosie Ann)

Penelitian menemukan pasangan rumah tangga yang tinggal bersama cenderung menderita masalah kesehatan yang sama.

Suara.com - Sebuah penelitian menemukan bahwa pasangan rumah tangga yang tinggal bersama biasanya jatuh sakit bersamaan. Selain itu, mereka juga menderita masalah kesehatan yang sama.

Beberapa masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes dan penyakit jantung dianggap erat kaitannya dengan pasangan rumah tangga Anda.

Selain itu, kebiasaan pasangan yang tinggal bersama Anda juga akan mempengaruhi kondisi kesehatan Anda, seperti kebiasaan merokok dan minum alkohol, serta berat badan mereka.

Artinya, dokter pun seharusnya bisa memprediksi kondisi kesehatan seseorang dengan melihat kondisi pasangannya.

Baca Juga: Studi: Penderita Delirium Berisiko Terinfeksi Virus Corona Covid-19 Parah

Para ahli di Universitas Tohoku Jepang telah membuktikan hal ini terhadap 34 ribu pasangan rumah tangga. Mereka menemukan banyak pasangan yang memiliki kesamanaan dalam masalah kesehatan jantung yang cukup signifikan.

Ilustrasi pasangan. (freepik.com/cookie-studio)
Ilustrasi pasangan. (freepik.com/cookie-studio)

Studi tersebut menemukan bahwa seseorang 37 persen lebih berisiko mengalami obesitas bila pasangannya juga mengalami obesitas.

Risiko tekanan darah tinggi pria hingga 45 persen lebih tinggi, jika istri mereka memiliki kondisi tersebut. Anda juga berisiko 59 persen lebih tinggi menderita diabetes tipe 2, bila pasangan Anda menderita penyakit tersebut.

"Intervensi atau tindakan pencegahan mungkin lebih efektif jika ditargetkan pada kedua pasangan daripada pada salah ssatunya," kata Dr Naoki Nakaya dikutip dari The Sun.

Dr Nakaya menjelaskan temuan ini mungkin juga dipengaruhi oleh gaya hidup yang sama, karena mereka pasangan yang tinggal bersama dalam jangka waktu lama.

Baca Juga: Ahli Ingatkan Varian Virus Corona R1 Punya 5 Mutasi Berbahaya!

Sebab, mereka pasti cenderung mengonsumsi makanan yang sama, melakukan olahraga dengan intensitas dan jenis yang sama, serta kebiasaan sehari-hari lainnya yang mempengaruhi kesehatan.

Komentar