alexametrics

Apakah Orang yang Memiliki Alergi Obat Aman Mendapatkan Vaksin Covid-19?

Risna Halidi | Lilis Varwati
Apakah Orang yang Memiliki Alergi Obat Aman Mendapatkan Vaksin Covid-19?
INFOGRAFIS: Alergi Obat, Bolehkah Menerima Vaksin Covid-19?

Begini jawaban pakar.

Suara.com - Meski bisa menimbulkan efek samping, vaksin Covid-19 tidak selalu berbahaya bagi seseorang yang memiliki alergi obat

Dokter spesialis penyakit dalam Konsultan alergi imunologi prof. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI menjelaskan bagaimana vaksin tidak memiliki kandungan obat sehingga orang yang alergi obat, aman untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

"Alergi obat boleh saja divaksinasi karena obat itu tidak ada di dalam vaksin. Kalau ada salah satu obat itu ada di dalam vaksin pasti tidak boleh. Banyak juga orang yang alergi obat sekarang sudah di vaksinasi, tidak apa-apa," kata dokter Iris dalam siaran ulang webinar TanyaIDI, Minggu (26/9/2021).

Menurutnya, tidak berarti orang yang alergi obat akan menjadi alergi vaksin, begitu pula sebaliknya. 

Baca Juga: Ginekolog: Tekan Risiko Penularan, Ibu Hamil dan Menyusui Sebaiknya Vaksin Covid-19

"Ada orang yang tidak alergi obat tapi ternyata dia alergi vaksin pertama, jadi vaksin kedua tidak boleh diberikan.  Semua harus kita lihat satu per satu kasus," imbuhnya.

Meski demikian, jika seseorang memiliki riwayat alergi, disarankan lakukan vaksinasi Covid-19 di fasilitas layanan kesehatan daripada di tempat umum. Tujuannya, kata dokter Iris, agar jika terjadi efek samping yang terlalu berat bisa segera mendapatkan penanganan.

"Karena kita tidak tahu alergi atau enggak. Karena alergi itu unpredictable, tidak bisa diduga. Jadi orang yang alergi obat, belum tentu untuk alergi vaksin. Banyak juga orang yang memiliki alergi obat tapi tidak apa-apa ketika disuntik vaksin. Itu yang juga saya temukan di pasien Saya," tuturnya.

Ia juga mengingatkan, sebaiknya tak perlu terlalu memilih-milih jenis vaksin Covid-19. Meski setiap jenis memiliki platform yang berbeda, namun efektifitasnya dalam melawan virus Corona telah sesuai standar yang ditetapkan. Sehingga aman digunakan.

"Negara kita sebetulnya lumayan bisa mendapatkan banyak vaksin karena bisa belajar dari banyak vaksin. Memang tidak usah memilih vaksin selama itu sudah mendapat izin dari Badan POM," ucap Ketua Tim Advokasi Vaksinasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tersebut.

Baca Juga: Jadwal Vaksinasi COVID-19 di Enam Puskesmas Bekasi Sabtu dan Minggu Ini

Komentar