alexametrics

Hati-Hati, Ini Efek Samping Serius Suntikan Booster Vaksin Covid-19

Cesar Uji Tawakal | Shevinna Putti Anggraeni
Hati-Hati, Ini Efek Samping Serius Suntikan Booster Vaksin Covid-19
Ilustrasi Suntikan Booster Vaksin Covid-19. (Pexels// Artem Podrez)

Suntikan booster vaksin Covid-19 bisa menimbulkan beberapa efek samping serius.

Suara.com - Vaksin Covid-19 telah terbukti aman dan efektif memberi perlindungan terhadap virus corona Covid-19, meskipun tidak 100 persen membuat tubuh kebal terhadap penyakit tersebut.

Vaksin Covid-19 cukup menurunkan risiko rawat inap dan meninggal dunia karena virus corona Covid-19. Tapi, suntikan booster vaksin Covid-19 akan menurunkan risiko infeksi parah virus corona Covid-19.

Banyak orang mungkin masih ragu dengan suntikan booster vaksin Covid-19, terutama pada efek sampingnya. Umumnya, efek samping vaksin Covid-19 jarang terjadi dan tidak serius.

Menurut NHS, vaksin Covid-19 yang sudah disetujui penggunaannya telah memenuhi standar keamanan, kualitas dan efektifvitas. Tapi dilansir dari Express, ada beberapa efek samping umum dari dua dosis vaksin Covid-19 yang pertama.

Baca Juga: Gejalanya Mirip, Ini 4 Perbedaan Virus Corona Covid-19 dan Flu Biasa

Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Pixabay)
Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Pixabay)
  1. Lengan yang terasa sakit
  2. Kelelahan
  3. Sakit kepala
  4. Rasa sakit

Efek samping yang lebih serius, seperti reaksi alergi atau pembekuan darah yang sangat jarang terjadi. Saat suntikan booster vaksin Covid-19 diluncurkan, penting untuk menyadari efek sampingnya.

Sama halnya dengan dua dosis vaksin Covid-19 sebelumnya, efek sampingnya seringkali berbeda dari orang ke orang.

Gejala efek samping suntikan booster vaksin Covid-19 yang paling umum termasuk nyeri otot dan persendian di lengan yang disuntik vaksin, kedinginan, kelelahan dan sakit kepala.

"Demam dan suhu tubuh tinggi yang berlangsung lebih dari seminggu harus dikonsultasikan dengan dokter," kata NHS.

NHS menyarankan orang yang mengalami demam tinggi lebih dari seminggu setelah menerima suntikan booster vaksin Covid-19 harus konsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Studi: Efektivitas Vaksin Pfizer Turun di Bawah 50 Persen dalam 6 Bulan

Selain itu, suntikan booster vaksin Covid-19 tidak akan menyebabkan Anda demam tinggi selama lebih dari beberapa hari, batuk terus-menerus atau mengalami kehilangan indra penciuman dan perasa.

Jika Anda mengalami semua gejala itu, Anda mungkin mengidap virus corona Covid-19. Jika ini masalahnya, Anda harus isolasi dan melakukan tes lateral.

Sebuah studi baru-baru ini dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menemukan bahwa efek samping vaksin Covid-19 berikut paling umum, seperti:

  1. Reaksi di tempat suntikan
  2. Kelelahan
  3. Nyeri otot

Komentar