alexametrics

Kenali Apa Beda ODGJ dan ODMK dalam Dunia Kesehatan Jiwa

Rifan Aditya
Kenali Apa Beda ODGJ dan ODMK dalam Dunia Kesehatan Jiwa
Kenali Apa Beda ODGJ dan ODMK dalam Dunia Kesehatan Jiwa - ilustrasi ODGJ - Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada pasien ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) di Yayasan Jamrud Biru, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (4/8/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Ketahui beda ODGJ dan ODMK atau gangguan mental dan masalah mental pada ulasan yang dilansir dari berbagai sumber ini.

Suara.com - Gangguan jiwa dan masalah jiwa dapat menyerang siapapun dan kapan saja. Beberapa Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) maupun Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) akan berjuang dengan kesehatan mental selama bertahun-tahun sementara yang lain mungkin selalu harus mengelola gejala atas kondisi mereka.

Ketahui beda ODGJ dan ODMK atau gangguan mental dan masalah mental pada ulasan yang dilansir dari berbagai sumber ini.

Tentang Gangguan Jiwa dan Masalah Kejiwaan

Sebelum dua isu utama tentang kesehatan jiwa (mental) ini dipahami dengan lebih baik, para ahli percaya bahwa istilah 'gangguan' lebih cocok daripada 'penyakit atau masalah'. Setelah psikolog dan ilmuwan menemukan bahwa penyakit mental adalah penyakit tubuh, mereka mulai menggunakan istilah penyakit mental secara lebih luas. 

Baca Juga: Terlihat Sama, Sebenarnya Stres dan Depresi Itu Berbeda!

Perbedaan utama antara gangguan mental dan masalah mental adalah asal mula kondisinya. Untuk membedakan beda ODGJ dan ODMK secara sederhana sebagai berikut. Setiap orang umumnya akan mengalami hari-hari dimana merasa tidak sehat secara fisik, tetapi itu tidak berarti bahwa kesehatan Anda secara keseluruhan menurun atau memiliki penyakit serius.

Hal yang sama juga terkait dengan kesehatan mental. Anda mungkin mengalami hari-hari di mana merasa stres, atau sedih, tetapi itu tidak berarti bahwa Anda memiliki penyakit mental. Kita semua mengalami berbagai emosi. 

Namun, jika Anda merasa selalu merasa stres atau tidak dapat mengingat hari bahagia, maka Anda mungkin mengalami masalah atau penyakit mental. Anda harus segera mencari bantuan medis profesional untuk diagnosis dan perawatan tepat.

Dalam hal mempelajari perbedaan antara penyakit mental dan gangguan mental, Anda harus berbicara dengan dokter atau profesional kesehatan mental Anda. Dalam artian Anda tidak dapat melakukan self-diagnosis.

Apa itu Masalah Mental?

Baca Juga: Angka Kematian Penderita Gangguan Mental dan Cacat Intelektual Meningkat Selama Covid-19

Dilansir dari Mental Health Foundation, Sabtu (9/10/2021), penyakit mental (mental illness), juga disebut masalah kesehatan mental atau kondisi kesehatan mental, berkisar dari kekhawatiran yang kita semua alami sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari hingga kondisi jangka panjang yang serius. 

Komentar