alexametrics

Selain Long Covid-19, Peneliti Juga Temukan Kasus Flu Panjang

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Selain Long Covid-19, Peneliti Juga Temukan Kasus Flu Panjang
Ilustrasi Long Covid-19, flu panjang. [Shutterstock]

Para ahli menemukan kasus flu panjang yang tak jauh berbeda dengan Long Covid-19.

Suara.com - Long Covid-19 telah menjadi masalah yang memprihatinkan, karena berdampak pada 1 dari 4 pasien virus corona Covid-19. Meskipun, masih belum banyak kejelasan mengenai Long Covid-19.

Penelitian telah menemukan bahwa gejala pasca infeksi virus corona Covid-19 juga bisa menyerang mereka yang terjangkit penyakit flu dan menderita flu berkepanjangan.

Kasus virus corona Covid-19 sendiri telah membawa banyak implikasi kesehatan dan membuat kita menghadapi bahaya dari infeksi virus corona Covid-19 berkepanjangan atau Long Covid-19.

Kini dilansir dari Times of India, flu berkepanjangan juga menjadi kekhawatiran. Karena, jenis influenza bisa meninggalkan masalah kesehatan atau efek serupa pada tubuh, yang disebut sebagai flu panjang.

Baca Juga: Amankah Suntik Vaksin Flu dan Booster Vaksin Covid-19 Bersamaan?

Kasus flu panjang terungkap setelah sebuah penlitian yang dipimpin oleh Universitas Oxford dalam jurnal medis, PLOS Medicine, menganalisis masalah kesehatan daan statistik vital lebih dari 100 ribu orang dari 2 kelompok yang berbasis di Amerika Serikat.

Ilustrasi flu, Long Covid-19 (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi flu, Long Covid-19 (Pixabay/mohamed_hassan)

Ratusan ribu orang itu mencakup pasien yang pernah tertular virus corona Covid-19 sebelumnya. Peneliti menemukan 42 persen orang yang memiliki kasus flu menderita gejala yang berkepanjangan.

Hal ini menyiratkan bahwa virus corona Covid-19 dan virus influenza memiliki kemampuan menyebabkan efek samping jangka panjang.

Meskipun, flu adalah penyakit pernapasan yang lebih ringan dibandingkan dengan virus corona Covid-19. Tapi, setiap orang yang menderita flu membutuhkan waktu yang berbeda untuk pulih.

Beberapa orang mungkin pulih dari flu lebih cepat dalam seminggu. Sementara lainnya mungkin mengalami periode gejala flu yang lebih lama untuk pulih.

Baca Juga: Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Beda Flu dan Pilek

Hal itu membuat mereka rentan terhadap malaise pasca-virus. Menurut para ahli, flu panjang mirip dengan Long Covid-19 yang bisa menyerang semua orang dengan masalah pemulihan lebih lama dibandingkan umumnya.

Long Covid-19 maupun flu panjang adalah masalah kesehatan yang tidak hanya membutuhkan perhatian, tetapi cukup mengganggu kesehatan vital.

Meskipun kita sudah tahu konsekuensi dari infeksi virus corona dan Long Covid-19, gejala flu yang melemahkan dan berkepanjangan juga bisa memberi efek serupa.

Bukti anekdotal telah mengungkapkan bahwa Long Covid-19 dan flu panjang menyebabkan gejala yang sangat mirip, termasuk kecemasan, sesak napas, kabut otak, batuk dan demam terus menerus.

Komentar