alexametrics

Masuk Kelompok Rentan, Ibu Hamil dan Menyusui Butuh Layanan Kesehatan Bebas Covid-19

Risna Halidi
Masuk Kelompok Rentan, Ibu Hamil dan Menyusui Butuh Layanan Kesehatan Bebas Covid-19
Ilustrasi ibu hamil (Freepik)

Dibutuhkan layanan kesehatan yang komprehensif dan memiliki pelayanan kesehatan bebas COVID-19 untuk fokus mendukung ibu hamil dan menyusui.

Suara.com - Vaksin COVID-19 telah menjadi harapan akan adanya perbaikan atas pandemi yang telah berlangsung hampir dua tahun ini. Vaksin sendiri dibuat dengan tujuan menurunkan risiko kematian dan terjadinya penyakit berat akibat Covid-19.

Untuk itu, pemberian vaksin COVID-19 perlu menjadi prioritas bagi golongan rentan termasuk ibu hamil dan menyusui yang perlu mendapat perlindungan dari infeksi COVID-19.

Dikatakan oleh Head of Hallobumil Mia Argianti, diperlukan kerja sama antara layanan kesehatan yang komprehensif dan memiliki pelayanan kesehatan bebas COVID-19 untuk fokus mendukung ibu hamil dan menyusui.

"Kami memutuskan untuk berkolaborasi dengan RSIA Bunda untuk melakukan program vaksin COVID-19 untuk ibu hamil dan menyusui dan niatan ini pun disambut positif," kata Mia, dikutip Suara.com dari siaran pers, Kamis (14/10/2021).

Baca Juga: Dear Bumil, Ketahui Faktor Risiko Preeklamsia yang Bisa Membahayakan Ibu dan Janin

Mia Argianti kemudian memperjelas bahwa kerja sama tersebut juga diharapkan dapat mempermudah para calon ibu yang merencanakan program kehamilan.

"Para ibu yang ingin memulai program kehamilan dapat lebih terlindungi kesehatannya dengan terlebih dahulu mendapatkan vaksinasi COVID-19," lanjutnya.

Marketing Communication Manager RSIA Bunda Jakarta Raisa Gabriela Hutagalung mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memiliki Zona Hijau bebas COVID-19 untuk melindungi ibu hamil dan menjadikan kesehatan ibu dan bayi sebagai prioritas dalam pelayanan kesehatan.

Ia juga menambahkan bahwa vaksin COVID-19 bagi ibu hamil dan menyusui merupakan salah satu vaksin yang penting untuk dapat melindungi populasi ini dari COVID-19.

"Dengan vaksin ini diharapkan bukan hanya ibu yang terlindungi tetapi juga janin di dalam kandungan. Dengan vaksin COVID-19, juga diharapkan agar kematian dan penyakit berat karena COVID-19 pada ibu hamil, janin, dan ibu menyusui dapat dicegah."

Inisiatif kerjasama antara Hallobumil, RSIA Bunda Jakarta, dan Morula ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk menjawab kebutuhan ibu hamil dan menyusui di tengah suasana pandemi saat ini.

Baca Juga: Viral Ibu Hamil Datang Kondangan karena Ngidam Makanan, Aksinya Tuai Perdebatan Warganet

Kolaborasi unit pelayanan kesehatan untuk ibu hamil dan menyusui dari berbagai media ini diharapkan dapat memperkuat pilar pencegahan dan penanganan COVID-19 di Indonesia, terutama untuk ibu hamil dan menyusui.

Komentar