alexametrics

Jangan Dijadikan Kebiasaan, Ini 3 Dampak Buruk Mengucek Mata

Yasinta Rahmawati
Jangan Dijadikan Kebiasaan, Ini 3 Dampak Buruk Mengucek Mata
Mengucek mata. (Elements Envanto)

Mengucek mata dapat menyebabkan berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan mata.

Suara.com - Mata merupakan organ penglihatan yang penting untuk dijaga. Selain polusi udara yang bisa membuat mata kelilipan, lamanya waktu kita menatap layar juga bisa membuat mata lelah.

Karena hal-hal itu, membuat mata kita mengalami gatal-gatal, kering, lelah, dan perih, sehingga rasanya ingin mengucek mata.

Padahal mengucek mata dapat menyebabkan berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan mata, dan oleh karena itu disarankan untuk menghindarinya.

Dirangkum dari Healthshots, berikut bahaya dari mengucek mata.

Baca Juga: Apakah Kebiasaan Membaca Buku Bisa Merusak Mata?

1. Risiko cedera dan kondisi kronis

Jika mata digosok terlalu keras atau terlalu sering, dapat menyebabkan cedera, dan perkembangan penyakit serius seperti keratoconus (penonjolan dan penipisan kornea).

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Ophthalmology, mengucek mata bisa menyebabkan penipisan kornea, tergantung pada periode dan kekuatan kita menggosok mata.

Ilustrasi Mengucek Mata. (Shutterstock)
Ilustrasi Mengucek Mata. (Shutterstock)

2. Bisa sebabkan infeksi atau alergi

Infeksi seperti konjungtivitis dapat terjadi akibat mengucek mata. Ini terjadi ketika bakteri atau virus di jari ditularkan saat mengucek mata. Ini dapat memicu reaksi alergi, dan bahkan dapat menyebabkan kita semakin ingin mengucek mata dengan keras.

Baca Juga: Cantik dan Elegan, Begini Cara Merias Mata untuk Tampilan Bold Makeup Look

3. Iritasi dan sensasi terbakar

Kurangnya kebersihan lingkungan, seperti tidak membersihkan debu dan remah-remah makanan dapat menyebabkan iritasi dan sensasi terbakar jika masuk ke mata. Apabila Anda mengucek mata, ini akan memicu gatal dan menyebabkan kemerahan.

Komentar