alexametrics

Rutin Konsumsi Jamur Bantu Turunkan Risiko Depresi, Ini Sebabnya

Yasinta Rahmawati
Rutin Konsumsi Jamur Bantu Turunkan Risiko Depresi, Ini Sebabnya

Sebuah studi baru yang dipimpin oleh Penn State College of Medicine, belakangan menemukan bahwa konsumsi jamur dapat menurunkan risiko depresi.

Suara.com - Jamur dianggap sebagai makanan super karena dikemas dengan beberapa vitamin dan mineral, sehingga menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Sebuah studi baru yang dipimpin oleh Penn State College of Medicine, belakangan menemukan bahwa konsumsi jamur dapat menurunkan risiko depresi.

Dilansir dari The Healthsite, setelah memeriksa data tentang diet dan kesehatan mental yang dikumpulkan dari lebih dari 24.000 orang dewasa AS antara tahun 2005 dan 2016, para peneliti menemukan bahwa peserta yang makan jamur memiliki kemungkinan lebih rendah untuk mengalami depresi.

Mengapa jamur mungkin memiliki manfaat kesehatan mental kemungkinan karena mengandung ergothioneine, antioksidan yang dapat melindungi terhadap kerusakan sel dan jaringan dalam tubuh, kata para peneliti.

Baca Juga: Makan Kacang Almond Dikupas dan Direndam Lebih Baik, Ini 4 Manfaatnya!

Antioksidan dalam mencegah beberapa penyakit mental, seperti skizofrenia, gangguan bipolar dan depresi juga telah ditunjukkan dalam penelitian sebelumnya.

Di sisi lain, jamur mengandung ergothioneine, antioksidan yang dapat menurunkan risiko stres oksidatif dan mengurangi gejala depresi, kata para peneliti.

"Jamur adalah sumber makanan tertinggi asam amino ergothioneine- anti-inflamasi yang tidak dapat disintesis oleh manusia. Memiliki tingkat tinggi ini dapat menurunkan risiko stres oksidatif, yang juga dapat mengurangi gejala depresi," kata pemimpin peneliti Djibril Ba.

Namun demikian, para peneliti tidak menemukan manfaat tambahan yang jelas dengan asupan jamur yang relatif tinggi.

Sebagai informasi tambahan, jamur kancing mengandung potasium, yang dapat membantu menurunkan kecemasan. Hericium erinaceus, juga dikenal sebagai Lion's Mane, dan beberapa spesies jamur yang dapat dimakan lainnya dapat merangsang ekspresi faktor neurotropik yang dapat membantu mencegah gangguan neuropsikiatri termasuk depresi.

Baca Juga: Warga Jabar Depresi hingga Dirawat di RS akibat Diteror Debt Collector Pinjol

Komentar