alexametrics

5 Manfaat Senam Irama dan Gerakan-gerakannya

Rifan Aditya
5 Manfaat Senam Irama dan Gerakan-gerakannya
5 Manfaat Senam Irama dan Gerakan-gerakannya - ilustrasi - pelatihan senam kesehatan oleh Neurobion di Kebayoran. (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Manfaat senam irama salah satunya, dipercaya akan dapat membantu tubuh anda dala meraih kesegaran jasmani.

Suara.com - Senam adalah salah satu metode olahraga yang mudah untuk dilakukan, termasuk senam irama. Bahkan ada banyak sekali manfaat senam irama.

Lalu, apa itu senam irama? Senam irama adalah sebuah latihan fisik yang dilakukan secara sistemastis dengan menggunakan alat bantu berupa tali, simpai, bola, pita dan tongkat. Manfaat senam irama salah satunya, dipercaya akan dapat membantu tubuh anda dala meraih kesegaran jasmani.

Selain itu, apa lagi manfaat senam irama lainnya? Simak ulasan selengkapnya tentang definisi senam irama dan gerakan-gerakan dasarnya.

Pengertian Senam Irama

Baca Juga: 5 Manfaat Kebugaran Jasmani dan Unsur-unsur Penyusunnya

Sesuai namanya senam irama adalah satu jenis olahraga aerobik yang dilakukan dengan perpaduan antasa alunan musik dengan gerakan tari dan senam, dalam senam irama terdapat beberapa unsur yang meliputi setiap gerakannya. Diantaranya adalah: keluwesan, kesinambungan gerakan dan ketepatan irama.

Manfaat Senam Irama

Berikut adalah beberapa manfaat yang akan anda dapatkan ketika rutin melakukan aktivitas senam irama:

  1. Menjaga Kesehatan Tulang
    Bergerak mengikuti irama pada senam irama secara tidak langsung dapat menjaga kesehatan tulang yang ada di tubuh anda, hal ini dikarenakan setiap sendi digunakan untuk bergerak.
  2. Melatih Otot
    Manfaat yang kedua melatih sekaligus menguatkan otot, otot yang kuat dapat meminimalisir terjadinya cedera saat anda melakukan aktivitas berat.
  3. Membakar Kalori
    Bagi anda yang ingin melakukan kegiatan membakar kalori metode satu ini menjadi aktivitas yang cocok, selain dapat membakar kalori tentunya anda juga anda membuat tubuh anda menjadi sehat dan bugar.
  4. Mengurangi Stress
    Seperti yang kita ketahui bahwa senam irama dilakukan menggunakan musik pengiring, musik pegiring inilah yang dapat membantu anda mengurangi stress dan membangun vibes positif dalam setiap gerakannya.
  5. Menyehatkan Jantung
    Senam irama dilakukan dengan mengikuti alunan musik yang mengiringinya. Hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung karena gerakan senamnya seimbang antara pelan dan cepat.

Gerakan Dasar Senam Irama

Seperti senam-senam pada umumnya senam irama juga memilii beberapa gerakan dasar dalam aktifitasnya, berikut adalah beberapa gerakan dasar yang terdapat pada senam irama yang perlu anda ketahui:

Baca Juga: Hentikan Kebiasaan Olahraga sebelum Tidur, Ini 3 Alasannya!

1.       Gerakan Langkah Kaki

Komentar