alexametrics

RADIATE, Kampanye Unik Untuk Lebih Memahami Penyandang Autisme

M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
RADIATE, Kampanye Unik Untuk Lebih Memahami Penyandang Autisme
Ilustrasi penyandang autisme. (Shutterstock)

Pengetahuan masyarakat seputar gangguan autisme masih sangat minim. Kurangnya pengetahuan terkait hal tersebut akhirnya menyebabkan munculnya banyak stigma.

Suara.com - Dari tahun ke tahun, prevalensi Autism Spectrum Disorder kian meningkat secara global dan nasional. Sayangnya, pengetahuan masyarakat seputar gangguan autisme masih sangat minim.

Misalnya mengenai apa itu gangguan dan penyebab autisme, hingga tatalaksana individu dengan autisme. Kurangnya pengetahuan terkait hal tersebut akhirnya menyebabkan munculnya banyak stigma dan miskonsepsi di masyarakat tentang orang dengan autisme.

Melihat kondisi tersebut, Keisha Annabel Garnette, salah satu dari Top 12 Finalists Ambassador of Public Health AMSA-Indonesia (Asian Medical Students’ Association) mencetuskan sebuah kampanye kesehatan yang berfokus pada Autism Spectrum Disorder berjudul RADIATE.

RADIATE sendiri merupakan akronim dari Embrace Differences, Admire Autism yang kegiatannya berjalan dari tanggal 10 Oktober - 23 Oktober 2021.

Baca Juga: Memanfaatkan Ganja Obat untuk Penderita Autisme di Brasil

Ilustrasi anak autisme. (Shutterstock)
Ilustrasi penyandang autisme. (Shutterstock)

"Kampanye kesehatan RADIATE bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kepedulian masyarakat mengenai autisme melalui rangkaian acara yang menarik dan intim dengan para penyandang autisme," kata dia dalam jumpa pers Rabu (20/10/2021).

RADIATE tidak berdiri sendiri dalam melaksanakan rangkaian kampanye kesehatan ini, tetapi juga bekerja sama dengan beberapa organisasi non-profit, media partners, dan influencers yang berupaya meningkatkan penyebarluasan pengetahuan mengenai Autism Spectrum Disorder serta menghadirkan acara memikat yang dapat dikonsumsi masyarakat secara daring.

Pelaksanaan acara pembuka kampanye dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober berupa talkshow bersama dr. Fransiska Kaligis, SpKJ (K) serta sesi mengecat totebag interaktif bersama para penyandang autisme dari London School Beyond Academy melalui Zoom Meeting berjudul “I Am Able”.

Tidak hanya para peserta dapat terinformasi lebih mengenai gangguan Autism Spectrum Disorder, banyak orang juga berkesempatan mengenal para penyandang autisme secara intim dan menyenangkan.

Kegiatan lainnya adalah "RADIATE Goes To FKUI" yang dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2021, berupa pemaparan mengenai informasi dasar Autism Spectrum Disorder, mini quiz seputar mitos atau fakta dari gangguan.

Baca Juga: Penuh Haru, Detik-detik Balita Autisme Ditemukan di Hutan Australia

Lainnya dilanjutkan dengan pembukaan open volunteer program untuk masyarakat umum yang ingin ikut serta berkontribusi pada aksi kampanye ini. Dinamakan sebagai “Autism Warriors”, mereka berupaya meningkatkan kewaspadaan orang terdekat perihal autisme melalui postingan rutin Instagram Story challenges.

Komentar