alexametrics

Tak Cuma Mengurangi Stres dan Meringankan Sakit Punggung, Inilah 4 Manfaat Peregangan

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Tak Cuma Mengurangi Stres dan Meringankan Sakit Punggung, Inilah 4 Manfaat Peregangan
Ilustrasi latihan peregangan. (Pexels)

Fungsi dari peregangan adalah membuat otot lebih rileks sebelum dan sesudah digunakan.

Suara.com - Tubuh terdiri dari otot dan ligamen yang tujuannya adalah untuk digerakkan setiap hari. Tetapi penggunaan berlebihan dapat menyebabkan cedera.

Inilah fungsi dari peregangan, membuat otot lebih rileks sebelum dan sesudah digunakan. Kegiatan ini juga tidak melulu dilakukan ketika akan olahraga saja.

Dari menghilangkan stres hingga membuat tidur lebih nyenyak, berikut manfaat peregangan otot:

1. Menghilangkan stres

Baca Juga: Cara Mengecilkan Betis dengan Menambah Massa Otot

Ketika stres, tidak hanya jantung yang berdegup kencang tetapi otot juga ikut tegang. Peregangan membantu mengendurkan otot tegang sakaligus membuat rileks.

"Saat napas dan detak jantung melambat, Anda menjadi lebih tenang," jelas pelatih pribadi dan founder F45 Recovery, Cristina Chan.

Ilustrasi gerakan peregangan. (Pexels)
Ilustrasi gerakan peregangan. (Pexels)

2. Fleksibilitas

Peregangan setiap hari atau beberapa kali seminggu dapat menjaga otot tetap lentur.

“Peregangan membuat otot tetap lentur, kuat, dan sehat. Kita membutuhkan kelenturan itu untuk menjaga rentang gerak pada persendian,” ungkap mantan penari profesional Natalie Simmonds kepada Live Science.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Pada Otot Hingga Tubuh Bisa Bergerak

Menurutnya, tanpa peregangan otot akan memendek dan menjadi kencang. Akibatnya, ketika ingin bergerak, otot justru akan melemah.

3. Meringankan sakit punggung

Penderita sakit punggung karena terlalu banyak olahraga, duduk, salah tidur, atau sering mengalami kesemutan, akan mendapat manfaat dari peregangan otot.

"Peregangan dapat membantu mengurangi rasa sakit dengan mengendurkan ketegangan pada otot dan meningkatkan aliran darah ke area tersebut," jelas instruktur Pilates di FLY LDN, Emma White.

4. Tidur lebih nyenyak

Tidur sangat penting untuk kesejahteraan kita, baik secara fisik maupun mental. Semakin banyak kualitas tidur yang baik kita dapatkan, maka semakin banyak energi serta fokus yang dirasakan.

Peregangan meningkatkan kualitas tidur dengan mengurangi stimulasi mental dan membuat tubuh lebih santai.

Komentar