alexametrics

Akibat Sering Membersihkan Pakai Cotton Bud, Telinga Kiri Pria Ini Tuli Sementara

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Akibat Sering Membersihkan Pakai Cotton Bud, Telinga Kiri Pria Ini Tuli Sementara
Ilustrasi infeksi telinga. (Shutterstock)

Selain tuli, laki-laki ini juga mengalami infeksi telinga akibat sering membersihkan kotoran dengan cotton bud.

Suara.com - Seorang pengguna TikTok dengan akun @yogielka membagikan pengalaman buruknya tentang membersihkan telinga menggunakan cotton bud.

Lelaki bernama Yogi Elka ini mengatakan bahwa telinga sebelah kirinya menjadi tuli akibat selalu membersihkan kotoran menggunakan cutton bud.

"Ini kejadiannya kira-kita sebulan yang lalu. Telinga sebelah kiri aku bener-bener gak bisa denger setelah aku ngorek kuping aku pakai cotton bud. Jujur waktu ini aku panik banget," tutur Yogi sambil menunjukkan kondisi telinganya saat itu.

Yogi pun mencoba mencari tahu apa yang terjadi di dalam telinganya dengan merekam bagian lubang telinga menggunakan kamera ponsel.

Baca Juga: Momen Haru Baim Wong Lantunkan Azan ke Telinga Anak Keduanya

Karena tidak terlihat apa pun, akhirnya ia mencoba mengatasi keluhannya dengan membeli obat tetes telinga di apotek.

Pengguna TikTok mengalami infeksi telinga (TikTok/YogiElka)
Pengguna TikTok mengalami infeksi telinga (TikTok/YogiElka)

Tetapi malang, kondisi Yogi justru tidak membaik keesokan paginya. Ia menjadi demam serta lemas. Takut semakin parah, akhirnya Yogi memeriksakan kondisinya di dokter spesialis THT.

"Setelah dua hari demam dan budeg, akhirnya aku memutuskan untuk pergi ke rumah sakit," sambungnya.

Setelah diperiksa, dokter mengatakan bahwa telinga kiri Yogi tersumbat kotoran telinga sehingga tidak bisa mendengar dengan baik.

"Penyebabnya karena aku suka pakai cotton bud, yang malah membuat kotoran telinga aku malah semakin masuk, dan menumpuk. Dan itu udah terjadi bertahun-tahun dan membuat kotoran telinga aku keras banget," jelasnya.

Baca Juga: Sentil Telinga Murid, Kepala Sekolah di Tulang Bawang Dibacok Orang Tua Murid

Ketika terakhir kali ia membersihkan telinga, ternyata Yogi membuat kotoran telinga tersebut semakin masuk ke dalam hingga menyumbat telinganya.

Pengguna TikTok mengalami infeksi telinga (TikTok/YogiElka)
Pengguna TikTok mengalami infeksi telinga (TikTok/YogiElka)

Dinding telinga Yogi pun terluka hingga mengakibatkan infeksi. Infeksi inilah yang memicu demam.

"Lalu telinga aku dibersihkan dengan metode ear iriigation. Karena telinga kiri aku infeksi jadi waktu dikeluarin sakit banget. Dan karena udah membatu banget akhirnya harus dicongkel paksa, dan tentunya semakin sakit lagi," imbuhnya. Prosedur ini dilakukan di kedua telinganya.

Yogi mengaku setelah telinganya bersih, ia menjadi sangat lega dan lemas. Di sisi lain, kemampuan pendengarannya pun menjadi sangat jelas.

Setelah pemeriksaan, dokter memberi obat resep tetes telinga untuk infeksinya.

Akibat pengalaman tidak menyenangkan ini, Yogi Elka mencoba mengimbau pengguna TikTok yang lain untuk tidak membersihkan telinga menggunakan cotton bud.

Komentar