alexametrics

Duduk Seharian Bikin Bahu Sakit, Yuk Perbaiki dengan Lakukan Latihan Ini!

Risna Halidi
Duduk Seharian Bikin Bahu Sakit, Yuk Perbaiki dengan Lakukan Latihan Ini!
Ilustrasi bekerja dari rumah. (Unsplash/Christin Hume).

Pengaturan kursi dan meja yang buruk serta kurangnya gerakan fisik merupakan faktor yang dapat menyebabkan bahu kamu sakit dan kaku.

Suara.com - Belakangan ini banyak yang menghabiskan waktu di rumah aja karena alasan aturan pembatasan terkait Covid-19. Padahal kerja dari rumah dan melakukan aktivitas menghadap komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan nyeri, kaku di area leher dan bahu.

Eits tak perlu khawatir, karena rasa sakit dan nyeri ini dapat diperbaiki dengan latihan tertentu. Kuncinya ada pada pengaturan kursi dan meja yang tepat.

Pengaturan kursi dan meja yang buruk serta kurangnya gerakan fisik merupakan faktor yang dapat menyebabkan bahu sakit dan kaku.

Selain dapat merusak postur tubuh, hal tersebut juga bisa memicu masalah kesehatan lain seperti migrain dan sakit kepala.

Baca Juga: 6 Kegiatan Menghilangkan Stres Saat Harus di Rumah Aja

Alangkah baiknya melakukan peregangan sesekali agar tidak terjadi ketegangan. Berikut latihan yang dapat membantu kamu memperbaiki nyeri dan rasa sakit pada bahu seperti yang dilansir dari Healthshot.

1. Forward & backward tilt
Latihan ini artinya memiringkan kepala ke depan dan belakang. Caranya juga mudah, mulailah dengan kepala dan punggung lurus, posisi bisa sambil duduk atau berdiri, kemudian turunkan dagu ke arah dada.

Tahan selama 15-30 detik dan perlahan angkat kembali kepala kamu. Lalu miringkan dagu kea rah langit-langit dan bawa pangkal tengkorak ke arah punggung. Tahan selama 10 detik lalu kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan tersebut setidaknya 10 kali.

2. Cat-cow
Selanjutnya latihan yang dapat dilakukan adalah ‘cat-cow’. Letakkan tangan dan lutut di tanah menirukan seekor kucing. Kemudian tarik napas sambil melihat ke atas, jatuhkan perut ke bawah saat kamu meregangkan tulang belakang.

Lalu buang napas dan lengkungan tulang belakang ke arah langit-langit dan selipkan dagu ke dada. Lanjutkan gerakan ini setidaknya selama satu menit dan ulangi selama tiga kali.

Baca Juga: Ruang Kerja Berantakan? Ini Tips 6 Tempat Penyimpanan Agar Rapi dan Bikin Semangat

3. Seated clasping neck stretch
Latihan peregangan ini untuk leher agar tidak tegang. Cukup duduk di lantai atau di kursi dengan kepala ditekuk dengan kedua tangan. Kemudian tekan perlahan tangan ke arah paha hingga siku menyentuh paha.

Komentar