Cukup Makan Satu Buah Ini Bisa Turunkan Risiko Stroke, Coba Sekarang!

Yasinta Rahmawati, Shevinna Putti Anggraeni

Selasa, 09 November 2021 | 08:56 WIB
Cukup Makan Satu Buah Ini Bisa Turunkan Risiko Stroke, Coba Sekarang!
Penyakit stroke (Shutterstock)

Suara.com - Stroke terjadi ketika aliran darah ke otak mendadak terhambat. Kondisi ini pastinya bisa mengganggu penderita dalam beraktivitas sehari-hari atau mungkin menyebabkan kematian.

Tapi, ada satu buah yang bisa memberikan efek perlindungan terhadap risiko stroke secara alami, yakni buah pir. Konsumsi buah pir bisa membantu menurunkan risiko stroke yang signifikan.

Sebuah penelitian sudah menyoroti banyaknya manfaat mengonsumsi buah-buahan setiap hari untuk menjaga kesehatan jantung, khususnya mencegah terjadinya stroke.

Tapi, hanya buah-buahan dengan warna tertentu yang diyakini bisa menurunkan risiko stroke hingga setengahnya bila dikonsumsi secara teratur.

Semua buah-buahan dan sayuran berdaging putih bisa mengurangi risiko seseorang terkena stroke, karena memiliki kandungan antioksidan. Dalam hal ini, pir yang merupakan buah berdaging putih telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL karena serat alaminya, yang disebut pektin.

Buah pir. (Pixabay)
Buah pir. (Pixabay)

"Pir adalah sumber serat terbaik dan memiliki beberapa senyawa tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk katekin," kata Havard Health dikutip dari Express.

Senyawa tanaman ini juga ditemukan dalam buah apel dan kakao. Menurut para ahli, katekin bisa membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mencegah pembekuan darah.

Pada tahun 2011, sekelompok peneliti Belanda menyelidiki manfaat buah pir dengan kandungan fitokimia tertinggi dapat melindungi otak dari serangan stroke.

Pemimpin penulis studi tersebut, Linda M Oude Griep, mengatakan konsumsi banyak buah dan sayuran berdaging dan berwarna putih mungkin memang berguna untuk mencegah stroke.

baca juga

Misalnya, makan satu apel sehari adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan buah dan sayuran yang berdaging dan berwarna putih. Tapi, bukan berarti buah dan sayuran lainnya itu tidak memberikan manfaat kesehatan luar biasa.

Kelompok buah dan sayuran lainnya juga bisa melindungi tubuh dari penyakit kronis lainnya. Karena itu, penting mengonsumsi banyak buah dan sayuran setiap harinya.

Pada penelitian kali ini, para peneliti melibatkan lebih dari 20.000 orang dewasa, dengan usia rata-rata 41 tahun. untuk dianalisis dan dipelajari. Tak satu pun dari subjek yang memiliki riwayat penyakit kardiovaskular pada awal penelitian.

Para peneliti pun menganalisis lebih cermat mengenai manfaat makan apel dan pria, yang mana keduanya tinggi serat makanan dan flavonoid yang disebut quercetin.

Selama periode tindak lanjut 10 tahun, total 233 peserta mengalami stroke. Tapi, kejadian ini menemukan risiko stroke 52 persen lebih rendah pada mereka yang mengonsumsi buah dan sayuran putih.

Heike Wersching, dari Institute of Epidemiology and Social Medicine di University of Münster di Jerman, menambahkan penurunan risiko stroke yang diamati lebih lanjut mungkin karena faktor gaya hidup yang lebih sehat dari sebelumnya.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Studi: Waktu Tidur Malam yang Tepat Turunkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Studi: Waktu Tidur Malam yang Tepat Turunkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Health | Selasa, 09 November 2021 | 08:30 WIB

Keberadaannya Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Buah Cempedak bagi Tubuh

Keberadaannya Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Buah Cempedak bagi Tubuh

Your Say | Senin, 08 November 2021 | 13:19 WIB

Hati-hati, Tidur Lebih dari 8 Jam Justru Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Ini

Hati-hati, Tidur Lebih dari 8 Jam Justru Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Ini

Health | Senin, 08 November 2021 | 13:20 WIB

Terkini

Hadiri Kirab Merah Putih FMP ke-11, Adityawarman Adil: Perkuat Cinta Tanah Air

Hadiri Kirab Merah Putih FMP ke-11, Adityawarman Adil: Perkuat Cinta Tanah Air

Bogor | Senin, 10 Agustus 2026 | 16:57 WIB

Hari Pramuka ke-65, Gubernur Sulsel dan Mentan RI Lepas Ribuan Peserta Jalan Sehat di Bone

Hari Pramuka ke-65, Gubernur Sulsel dan Mentan RI Lepas Ribuan Peserta Jalan Sehat di Bone

Sulsel | Senin, 10 Agustus 2026 | 16:54 WIB

Syahrini Kembali ke Dunia Musik, Rilis Lagu 'Kau yang Utama'

Syahrini Kembali ke Dunia Musik, Rilis Lagu 'Kau yang Utama'

Your Say | Senin, 10 Agustus 2026 | 16:51 WIB

Topan Dolphin Mengamuk Dua Kali di China, Lebih 1 Juta Warga Dievakuasi

Topan Dolphin Mengamuk Dua Kali di China, Lebih 1 Juta Warga Dievakuasi

News | Senin, 10 Agustus 2026 | 16:47 WIB

Papua Bukan Tanah Kosong! Masyarakat Adat Nabire Tolak Tambang dan Pembanguna Pos Militer

Papua Bukan Tanah Kosong! Masyarakat Adat Nabire Tolak Tambang dan Pembanguna Pos Militer

News | Senin, 10 Agustus 2026 | 16:47 WIB

Karhutla Hanguskan 18 Hektare Hutan di Sukabumi, Sejumlah Titik Masih Berasap

Karhutla Hanguskan 18 Hektare Hutan di Sukabumi, Sejumlah Titik Masih Berasap

Jabar | Senin, 10 Agustus 2026 | 16:47 WIB

IHSG Anjlok ke Level 6.300 Hari Ini, GMFI Hampir ARA

IHSG Anjlok ke Level 6.300 Hari Ini, GMFI Hampir ARA

Bisnis | Senin, 10 Agustus 2026 | 16:46 WIB

Purbaya Minta Bea Cukai Perketat Pengawasan Laut di Perbatasan Timur RI

Purbaya Minta Bea Cukai Perketat Pengawasan Laut di Perbatasan Timur RI

Bisnis | Senin, 10 Agustus 2026 | 16:42 WIB

Danantara Housing Expo 2026 Hadirkan Kolaborasi Himbara, BRI Dorong Kepemilikan Rumah Masyarakat

Danantara Housing Expo 2026 Hadirkan Kolaborasi Himbara, BRI Dorong Kepemilikan Rumah Masyarakat

Sulsel | Senin, 10 Agustus 2026 | 16:41 WIB

Sengketa Lahan SDN 026 Memanas, Wali Kota Bandung Tegas Pasang Badan Demi 900 Siswa

Sengketa Lahan SDN 026 Memanas, Wali Kota Bandung Tegas Pasang Badan Demi 900 Siswa

Jabar | Senin, 10 Agustus 2026 | 16:40 WIB

×