facebook

Sering Dipakai Saat Cek Kesehatan, Apa Sebenarnya Fungsi CT Scan?

Bimo Aria Fundrika
Sering Dipakai Saat Cek Kesehatan, Apa Sebenarnya Fungsi CT Scan?
Ilustrasi CT Scan [Shutterstock]

Tapi, apa sebenarnya fungsi dari CT Scan? Dalam keterangan yang diterima Suara.com, CT scan menghasilkan gambar jaringan lunak, tulang, dan pembuluh darah di tubuh manusia

Suara.com - Saat tengah melakukan medical chech up atau cek kesehatan, salah satu proses yang biasanya dijalani ialah melakukan pemeriksaan CT Scan (computerized tomography scan). Pemeriksaan CT scan atau computerized tomography scan merupakan instrumen penting dalam pencitraan medis guna melengkapi fungsi sinar-X dan ultrasonografi medis.

Tapi, apa sebenarnya fungsi dari CT Scan? Dalam keterangan yang diterima Suara.com, CT scan menghasilkan gambar jaringan lunak, tulang, dan pembuluh darah di tubuh manusia. Gambar yang dihasilkan jauh lebih optimal dan lebih jelas ketimbang pemindaian dengan sinar-X biasa.

CT scan kini banyak digunakan untuk membantu pencegahan atau deteksi penyakit. Menurut dr. Michael A. Sundakh, SpRad, dokter spesialis radiologi di RS Siloam Sentosa, CT scan dapat digunakan untuk menghasilkan gambar organ di kepala, dada, perut, lutut, hingga tulang belakang.

Ilustrasi dokter dan tenaga medis. (Unsplash/National Cancer Institute)
Ilustrasi dokter dan tenaga medis. (Unsplash/National Cancer Institute)

Hasil pemeriksaan CT scan membantu dokter mendiagnosis dan menentukan beragam kondisi pasien, dari gangguan otot, patah tulang, hingga kanker.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, Ini Pentingnya Cek Kesehatan Sebelum Menikah

RS Siloam Sentosa juga telah menerapkan RIS-PACS (Radiology Information System-Picture Archiving and Communication System) yang memungkinkan interpretasi secara lebih cepat karena hasil pemeriksaan terhubung ke sistem aplikasi khusus yang memungkinkan dokter spesialis radiologi untuk langsung melakukan interpretasi hasil meskipun sedang tidak berada di rumah sakit.

Sementara itu, dr. Erwan Wijaya Putra Sianipar, Sp.N., menyampaikan mengenai penanganan pasien pasca stroke dan Golden Time Penanganan Stroke dapat pula dibantu melalui layanan CT scan 32 Slices yang telah dimiliki oleh Rumah Sakit Siloam Sentosa.

"Peran CT Scan sangat optimal guna penanganan penyakit, termasuk bagi para pasien paska stroke pun disaat golden Time dalam penanganan stroke. Hasil dari CT Scan ini sangat membantu kami dalam mendiagnosis berbagai ragam penyakit," pungkas dr. Erwan Wijaya Putra Sianipar, Sp.N. kepada sejumlah wartawan.

Dalam situasi darurat, CT scan juga dapat membantu tim medis agar lebih cepat menentukan tingkat keparahan luka dalam atau perdarahan yang terjadi. Keberadaan CT scan juga penting dalam diagnosis, pengobatan dan penelitian kanker.

Kini bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasioanal, Rumah Sakit Siloam Sentosa yang berlokasi di wilayah Duren Jaya Bekasi Timur juga meningkatkan layanan kesehatan melalui pengadaan alat CT Scan (computerized tomography scan).

Baca Juga: Umur Tak Lagi Muda, Cek Kesehatan Secara Rutin Perlu Dilakukan

"Bertepatan dengan momentum Hari Kesehatan Nasional pada hari ini, hadirnya fasilitas layanan CT scan merupakan komitmen kami guna peningkatan layanan, khususnya bagi masyarakat di kelurahan Duren Jaya. Pelayanan ini merupakan komitmen dan tanggung jawab kami terhadap masyarakat. Terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan hingga saat ini", tutur dr. Kristianus Cahyono, Direktur RS Siloam Sentosa. 

Komentar