facebook

Perlukah Mencuci Ayam Mentah sebelum Dimasak? Ini Saran CDC!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Perlukah Mencuci Ayam Mentah sebelum Dimasak? Ini Saran CDC!
Ilustrasi daging ayam mentah. (Pixabay/RitaE)

CDC justru tidak menyarankan orang-orang untuk mencuci ayam mentah.

Suara.com - Ayam merupakan salah satu makanan favorit yang paling banyak disukai orang. Ayam pun termasuk hidangan yang sering disajikan ketika makan bersama keluarga.

Kebanyakan orang akan mencuci ayam sampai bersih sebelum mengolahnya. Karena, Anda mungkin berpikir mengolah ayam tanpa membersihkannya menggunakan air akan menyebebakan berbagai penyakit.

Tapi, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan bahwa Anda tidak perlu mencuci ayam mentah. Mencuci ayam mentah justru bisa menyebarkan bakteri yang menempel ke area dapur Anda.

"Bakteri yang menempel pada ayam mentah bisa berpindah ke area cuci piring, piring, peralatan dapur hingga bahan makanan lain di dekatnya," kata CDC dikutip dari Fox News.

Baca Juga: Alami Banyak Tekanan! 6 Aktor dan Aktris Berujung Depresi

Bahkan, CDC pun telah menyarabkan semua orang untuk cuci tangan pakai air hangat dan sabun selama 20 detik sebelum dan sesudah memegang ayam mentah.

Ilustrasi ayam mentah (Envato elements by Dream79)
Ilustrasi ayam mentah (Envato elements by Dream79)

CDC juga menyarankan semua orang menggunakan talenan dan peralatan dapur terpisah untuk mengolah ayam mentah dan bahan makanan lainnya. Jangan sampai Anda menggunakan peralatan dapur yang sama untuk meletakkan ayam mentah dan makanan lainnya.

Setelah itu, Anda juga disarankan langsung mencuci talenan, piring, membersihkan meja dan peralatan dapur lainnya menggunakan air panas dan sabun.

Anda bisa mengolah ayam hingga matang dalam suhu internal yang aman 73 derajat celcius. Sedangkan, ayam yang tersisa bisa didinginkan dan dibekukan dalam waktu 2 jam atau 1 jam bila makanan disimpan dalam suhu di atas 32 derajat celcius.

CDC mengatakan bahwa banyak orang Amerika yang mengonsumsi ayam dibandingkan daging lainnya. Tapi, ayam juga termasuk produk unggas yang paling banyak terkontaminasi.

Baca Juga: Rony Dozer Meninggal di Teras Rumah, Diduga Akibat Serangan Jantung

Contohnya, daging ayam sering terkontaminasi bakteri Campylobacter, Salmonella dan Clostridium perfingens. Sekitar 1 dari setiap 25 paket ayam terkontaminasi Salmonella, yang menyebabkan lebih banyak penyakit bawaan makanan daripada bakteri lainnya.

Di sisi lain, konsumsi ayam setengah matang atau makanan lain dari minuman yang terkontaminasi oleh ayam mentah atau sarinya bisa menyebabkan keracunan makanan.

"Ada kemungkinan untuk mengurangi kontaminasi Salmonella pada ayam dan penyakit yang diakibatkannya, rawat inap dan kematian," kata CDC.

Mereka bekerja sama dengan Layanan Inspeksi dan Keamanan Pangan Departemen Pertanian AS, pejabat kesehatan negara bagian, kelompok konsumen, dan industri untuk membantu mencegah penyakit dari ayam dengan mengendalikan kuman lebih baik pada setiap langkah rantai produksi makanan, dari peternakan hingga garpu.

Komentar