alexametrics

Mesti Dihindari, Jangan Katakan 5 Hal Ini Pada Anak

Bimo Aria Fundrika
Mesti Dihindari, Jangan Katakan 5 Hal Ini Pada Anak
Mesti Dihindari, Jangan Katakan 5 Hal Ini Pada Anak. (freepik.com/peoplecreations)

Kesalahan pola asuh yang dilakukan oleh orangtua dapat menyebabkan sang anak yang kesulitan dalam hubungan sosial, emosi yang tidak stabil bahkan membangkang kepada orangtua.

Suara.com - Setiap orangtua pasti memiliki cara berbeda-beda dalam mendidik anak. Namun kerap kali kita lupa bahwa pola didik menentukan sifat dan perilaku sang anak di masa depan.

Kesalahan pola asuh yang dilakukan oleh orangtua dapat menyebabkan sang anak yang kesulitan dalam hubungan sosial, emosi yang tidak stabil bahkan membangkang kepada orangtua. Salah satu kesalahan yang seringkali terjadi ialah lewat ucapan. 

Oleh sebab itu  dilansir dari timesofindia.com, berikut 9 Hal yang sebaiknya tidak dikatakan orangtua kepada anak:

1. Membandingkan

Baca Juga: Pintu Terkunci, Anak Ini Syok saat Mengintip ke Dalam Rumah dari Kaca Jendela

Membandingkan anakmu dan memberikan contoh tentang apa yang bisa kamu lakukan pada usia muda merupakan kesalahan yang paling sering dan paling salah dilakukan oleh orangtua. Jika kamu melakukan hal tersebut, kesalahannya terletak pada dirimu yang berharap bahwa kamu memiliki anak yang sempurna.

Cobalah kamu mengingat kembali kesalahanmu sebagai seorang anak di masa kecilmu dan masalah apa yang kamu lakukan yang bisa membuat orangtuamu marah. Pernyataan-penyataan seperti ini bisa saja merusak kepercayaan diri anakmu.

2. Menyalahkan dalam setiap keputusan

Ilustrasi orang tua memarahi anak remaja (Shutterstock).
Ilustrasi orang tua memarahi anak remaja (Shutterstock).

Jangan menghukum anakmu jika ia belum terlalu dewasa. Membuat kesalahan bisa dilakukan oleh siapa saja dan hal tersebut merupakan proses untuk belajar dalam hidup. Ia mungkin akan memilih bidang studi yang tidak sesuai dengan kesukaanmu atau bekerja dalam perusahaan kecil yang tidak terlalu kamu banggakan, tetapi hal tersebut bukan berarti kamu boleh mengatakan bahwa ia memilih keputusan yang salah. Kamu sebagai orangtua seharusnya membimbingnya dalam setiap keputusan yang ia ambil, bukannya memaksakannya untuk mengikuti pendapatmu.

3. Membandingkan dengan saudara

Baca Juga: Ngaku Anak Jenderal, Wanita yang Maki-maki Ibu Arteria Ternyata Istri Mantan Dandim Jakpus

Seringkali kita menemukan orangtua yang melakukan perbandingan kepada anaknya. Hindarilah menabur pertengkaran diantara anak-anakmu dengan membandingkan kemampuan mereka. Hal tersebut dapat membuat ruang diantara anak-anakmu. Selain itu, hal ini dapat menyebabkan anakmu yang akan menaruh dendam terhadapmu.

Komentar