alexametrics

Seberapa Penting Ventilasi dalam Ruangan untuk Cegah Covid-19? Ini Penjelasan WHO

M. Reza Sulaiman
Seberapa Penting Ventilasi dalam Ruangan untuk Cegah Covid-19? Ini Penjelasan WHO
Ilustrasi rumah dengan ventilasi yang baik. (Shutterstock)

Pakar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, upaya pencegahan Covid-19 perlu juga dilakukan dengan memerhatikan ventilasi dalam ruangan.

Suara.com - Pencegahan Covid-19 tidak hanya dilakukan saat berada di ruang publik dengan menjaga jarah, memakai masker, dan mencuci tangan pakai sabung.

Pakar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, upaya pencegahan Covid-19 perlu juga dilakukan dengan memerhatikan aspek dalam ruangan.

Semakin baik ventilasi di sebuah ruangan, maka semakin kecil juga kemungkinan penularan virus SARS-Cov2.

Namun demikian, ventilasi yang baik bukan satu-satunya cara untuk mencegah penularan COVID-19. Banyak faktor lainnya yang harus dilakukan dengan baik, yakni seperti penerapan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin.

Baca Juga: 12 Cara Pencegahan Covid-19 yang Mudah untuk Dilakukan

INFOGRAFIS: Ingat VDJ Ventilasi, Durasi, Jarak
INFOGRAFIS: Ingat VDJ Ventilasi, Durasi, Jarak

Lantas seberapa penting sebenarnya ventilasi untuk membuat kita aman dari COVID-19?

Direktur Departemen Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan World Health Organization (WHO) Dr Maria Neira berujar ventilasi merupakan aspek yang sangat penting untuk mencegah penyebaran virus di dalam ruangan.

“Jadi, sesuatu yang sederhana seperti ventilasi alami berarti membuka pintu, membuka jendela, dapat memberikan jenis pembaruan udara sehat yang ingin kita hirup,” ujar Maria dalam wawancara Ventilasi & COVID-19 in Science in 5 WHO, seperti dikutip dari situs resmi Satgas Covid-19.

Lebih lanjut, ia mengatakan jika memungkinkan, kapan pun berada di ruang publik atau di gedung, pastikan ventilasi alami dengan membuka jendela.

“Dan, di lingkungan seperti sekolah atau bekerja bahkan di tempat-tempat wisata, yang kami rekomendasikan adalah meningkatkan laju pergantian udara, meningkatkan laju ventilasi dengan cara alami atau mekanis, selalu berusaha menghindari resirkulasi udara,” katanya.

Baca Juga: Jurus Pemerintah Cegah COVID-19 Saat Nataru: Larangan Cuti Hingga PPKM Level 3 Nasional

Kendati demikian, Maria mengungkapkan jika Anda dalam kondisi tidak dapat menghindarinya, maka pakailah filter seperti masker yang digunakan dengan benar dan ganti secara berkala (sesuai kebutuhan).

Komentar