alexametrics

Ameer Azzikra Meninggal Dunia karena Penyakit Liver, Kenali Penyebab dan Jenisnya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Ameer Azzikra Meninggal Dunia karena Penyakit Liver, Kenali Penyebab dan Jenisnya!
Potret kedekatan Alvin Faiz dan Ameer Azzikra. (Instagram/ameer_azzikra)

Ameer Azzikra meninggal dunia karena menderita penyakit liver.

Suara.com - Ameer Azzikra meninggal dunia sekitar pukul 01.05 WIB di RS EMC, Sentul, Jawa Barat. Anak Ustaz Arifin Ilham itu sempat kritis karena menderita penyakit liver sebelum meninggal dunia.

Kepergian Ameer Azzikra ini meninggalkan seorang istri, Nadzira Shafa yang baru 5 bulan dinikahinya. Jenazah Ameer Azzikra ini pun dimakamkan di dekat pusara sang ayah, Ustaz Arifin Ilham di Pondok Pesantren Az-Zikra.

"Beberapa hari beliau sakit menjelang ajalnya, dan mendapatkan perawatan intensif di EMC Sentul," kata Ustaz Syukur. dikutip dari Matamata.com.

Penyakit liver adalah gangguan pada fungsi maupun fisiologis organ hati. Liver berada di bagian bawah tulang rusuk pada sisi kanan perut Anda. Organ tubuh ini terdiri dari dua bagian, yakni lobus kiri dan lobus kanan.

Baca Juga: WHO Ungkap Teka-teki Soal Tingkat Penularan Virus Corona Varian Omicron

Gangguan pada fungsi hati bisa disebabkan oleh banyak hal. Penyebab liver biasanya diawali oleh infeksi virus maupun penyalahgunaan alkohol. Selain itu, obesitas juga bisa menyebabkan penyakit hati.

Dilansir dari Hellosehat, ada banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit liver, mulaid ari infeksi virus hingga kanker, antara lain:

Potret kenangan Ameer Azzikra dan Nadzira Shafa. [Instagram/enazirashf_]
Potret kenangan Ameer Azzikra dan Nadzira Shafa. [Instagram/enazirashf_]

1. Infeksi

Infeksi parasit atau virus yang menyerang organ hati adalah salah satu penyebab penyakit liver. Karena, infeksi ini memicu peradangan yang bisa menghambat fungsi hati. Kemudian, patogen yang menyebabkan kerusakan hati ini bisa menyebar melalui darah atau urine, makanan dan air yang terkontaminasi.

Anda juga berisiko menderita liver bila kontak dekat dengan penderita liver. Adapun infeksi virus yang bisa menyebabkan liver, termasuk hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C.

Baca Juga: Jadi Ancaman Baru, Simak 8 Fakta Virus Corona Varian Omicron Versi WHO

2. Gangguan sistem imun

Ganguan sistem imun atau autoimun juga bisa menyebabkan liver. Adapun beberapa penyakit akibat gangguan sistem imun, termasuk hepatitis autoimun, sirosis bilier primer dan primary sclerosing cholangitis.

3. Genetik

Penyakit liver juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Bila salah satu atau kedua orangtua memiliki gen abnormal yang menyebabkan berbagai zat menumpuk di dalam hati, Anda bisa mengalami kerusakan hati. Beberapa contoh penyakit liver karena genetik, termasuk hemokromatosis, hiperoksaluria dan oxalosis dan penyakit Wilson.

4. Gaya hidup

Gaya hidup yang buruk juga bisa menyebabkan liver, antara lain penyalahgunaan alkohol kronis, pola makan tidak sehat dan penggunaan obat-obatan tertentu.

penyakit liver (Shutterstock)
penyakit liver (Shutterstock)

Jenis Gangguan Fungsi Hati atau Liver

Selain penyebab penyakit liver, Anda juga perlu memahami beberapa jenis penyakit liver. Karena, gejala penyakit liver bisa berbeda-beda pada setiap orang tergantung pada jenisnya. Berikut jenis yang paling umum ditemukan.

1. Penyakit liver karena konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan dalam jangka panjang juga bisa memicu kerusakan fungsi hati atau liver. Jenis penyakit liver ini pun ada dua jenis, yakni alcoholic fatty liver dan sirosis alkoholik.

Hati memang bisa mencerna alkohol dan menyaring zat beracun untuk dikeluarkan dari tubuh. Saat minuman ini dicerna, alkohol akan tetap ada sebagian pada sel hati yang rusak dan mati.

2. Penyakit liver non-alkoholik

Liver juga bisa disebabkan oleh kondisi non-alkoholik yang biasanya terjadi pada penyandang disabilitas. Normalnya, organ hari mengandung sedikit lemak atau tidak ada sama sekali.

Kadar lemak yang terlalu banyak pada hati bisa menyebabkan masalah serius, seperti diabetes, hipertensi dan penyakit ginjal. Penyakit liver berlemak juga bisa meningkatkan risiko masalah jantung.

3. Hepatitis

Hepatitis adalah peradangan hati yang bisa menyebabkan infeksi virus atau gangguan fungsi hati akibat konsumsi alkohol. Jenis hepatitis pun beragam tergantung pada gejalanya, termasuk hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, hepatitis E, hepatitis alkoholik dan hepatitis autoimun.

4. Hemokromatosis

Hemokratosis merupakan penumpukan zat besi yang bisa mengganggu dan menghancurkan organ penting, seperti hati, sendi, pankreas dan jantung. Gejala penyakit liver jenis ini biasanya mulai terasa pada usia 30 hingga 60 tahun.

Anda yang menderita hemokromatosis biasanya mengalami gejala berupa sering merasa lelah, penurunan berat badan, badan terasa lemah, nyeri sendi, gangguan ereksi pria dan menstruasi tidak teratur.

5. Sirosis bilier primer

Sirosis bilier primer adalah tipe penyakit hati yang bisa parah seiring waktu. Jika tak ditangani cepat, kondisi ini bisa menyebabkan gagal hati. Sayangnya, sirosis bilier primer jarang sekali menunjukkan gejala. Tapi, beberapa pasien bisa mengalami nyeri tulang dan sendi, rasa lelah, mata dan mulut kering serta perut bagian atas yang terasa sakit.

Komentar