alexametrics

Suplemen Milk Thistle Dikenal Ampuh Memperbaiki Liver yang Rusak

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Suplemen Milk Thistle Dikenal Ampuh Memperbaiki Liver yang Rusak
Ilustrasi sakit liver (Shutterstock)

Ada berbagai faktor yang dapat merusak hati, seperti virus, konsumsi alkohol, hingga obesitas.

Suara.com - Liver atau hati merupakan organ terbesar kedua di dalam tubuh. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk membuang racun berbahaya. Selain itu, hati juga memproses makanan, memproduksi empedu, membantu menjaga kadar gula, dan lainnya.

Ada berbagai faktor yang dapat merusak hati, seperti virus, konsumsi alkohol, hingga obesitas.

Berdasarkan Express UK, salah satu suplemen yang dinilai efektif menjaga kesehatan hati adalah milk thistle. Obat herbal ini bertindak sebagai antioksidan, diyakini dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas pada hati setelah obat ini memetabolsme zat beracun.

Ada senyawa aktif dalam tanaman milk thistle yang disebut silymarin. Riset di laboratorium menunjukkan bahwa kandungan ini terbukti membantu mengurangi peradangan, meregenerasi jaringan hati, dan melindungi sel-sel hati dari kerusakan.

Baca Juga: Tak Cuma untuk Kulit, Suplemen Kolagen Juga Bermanfaat bagi Kepadatan Tulang

Tanaman milk thistle (Pixabay)
Tanaman milk thistle (Pixabay)

Sebuah tinjuan pada 2020 yang terbit dalam Advances in Therapy menemukan bahwa penderita penyakit hati berlemak alkohol dan non-alkohol, termasuk penderita dengan sirosis, mengalami penurunan signifikan dalam risiko kematian setelah mengonsumsi suplemen milk thistle.

Studi juga menunjukkan bahwa milk thistle menurunkan kadar insulin puasa untuk penderita diabetes dan penderita sirosis hati alkoholik.

Selama ini, milk thistle telah dipromosikan sebagai suplemen untuk hepatitis, sirosis, penyakit kuning, diabetes, dan gangguan pencernaan.

"Dengan sejarah ratusan tahun sebagai pengobatan berbagai gangguan hati dan masalah kandung empedu, milk thistle menjadi semakin populer sebagai penyokong fungsi hati yang sehat," tulis Pharmacy Today.

Manfaat antioksidan milk thistle dihasilkan dari kemampuannya menghambat radikal bebas yang berasal dari metabolisme zat beracun. Selain itu, tanaman ini juga bisa berfungsi sebagai agen antifibrotik.

Baca Juga: Awas, Kebanyakan Minum Suplemen Vitamin C Bisa Picu Toksisitas dan Batu Ginjal!

Komentar