Tak Cuma untuk Kulit, Suplemen Kolagen Juga Bermanfaat bagi Kepadatan Tulang

Yasinta Rahmawati
Tak Cuma untuk Kulit, Suplemen Kolagen Juga Bermanfaat bagi Kepadatan Tulang
Ilustrasi suplemen kolagen. (Pixabay)

Menurut penelitian, suplemen kolagen dapat meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang.

Suara.com - Kolagen menjadi salah satu suplemen yang paling populer. Namun selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, kolagen juga diketahui mampu membantu menjaga tubuh tetap kuat.

Banyak pegiat olahraga menambahkan satu sendok bubuk kolagen yang dilarutkan dalam air untuk mendapatkan manfaatnya.

Dilansir dari Insider, Sophie Medlin, Konsultan Diet dan Direktur CityDietitians menyebutkan beberapa manfaat suplemen kolagen selain untuk kulit. Berikut di antaranya.

1. Membantu mengurangi cedera

Baca Juga: Ismi Hidayah Diterpa Masalah Jerawat Berlebihan, Dikaitkan dengan Penyakit Ain

Kolagen adalah komponen utama otot, tendon dan ligamen. Secara teori, pada diet protein tinggi, Anda harus dapat menghasilkan banyak kolagen Anda sendiri untuk melindungi dan memperbaiki jaringan ini, kata Medlin.

Sebuah studi tahun 2018 pada 60 atlet oleh University of Freiburg menunjukkan bahwa mengonsumsi kolagen dapat membantu memperbaiki cedera pada tendon dan ligamen dan mengurangi risiko kekambuhan cedera.

"Ini berarti bahwa dalam waktu dekat, kami mungkin akan merekomendasikan suplemen kolagen untuk jenis cedera ini," kata Medlin.

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Suplemen kolagen dapat meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang, menurut salah studi 2018 oleh University of Freiburg pada 102 wanita.

Baca Juga: Ternyata Ini Keunggulan Sepatu dari Kulit Sapi Serta Cara Merawatnya, Salah Satunya Hindari Penggunaan Plastik Saat Menyimpannya

"Dengan sendi yang terbuat dari tulang, ligamen, dan tendon dan semua jaringan ini dibuat terutama dari kolagen, masuk akal bahwa kesehatan sendi juga dapat dilindungi," kata Medlin.

3. Mengurangi nyeri sendi

Tulang rawan merupakan jaringan yang melindungi dan menopang sendi, terdiri dari serat kolagen dan elastis. Namun, seiring bertambahnya usia, bagian ini bisa hilang, menyebabkan nyeri sendi dan bahkan osteoartritis .

Suplemen kolagen dapat membantu meringankan rasa sakit ini, menurut penelitian.

Namun sementara kolagen dapat bermanfaat bagi kulit, rambut, dan kesehatan fisik, ia tidak boleh dilihat sebagai sumber protein yang lengkap, kata Medline.

Tidak seperti protein whey, suplemen kolagen tidak mengandung sembilan asam amino esensial, yang berarti itu bukan sumber protein yang lengkap.

Karena protein penting untuk pembentukan otot, pemeliharaan, dan kehilangan lemak, ahli diet merekomendasikan untuk mendapatkannya melalui sumber makanan utuh jika memungkinkan.