alexametrics

Melatih Tubuh dan Pikiran dengan Brain Gym, Begini Caranya!

Vania Rossa
Melatih Tubuh dan Pikiran dengan Brain Gym, Begini Caranya!
Ilustrasi brain gym. (Shutterstock)

Brain gym membuat kerja otak menjadi lebih maksimal, sehingga konsentrasi jadi lebih mudah.

Suara.com - Pernah dengar tentang brain gym? Ya, ternyata bukan hanya tubuh yang butuh latihan. Otak juga perlu latihan.Brain gym membuat kerja otak menjadi lebih maksimal, sehingga konsentrasi jadi lebih mudah.

Perubahan gaya belajar saat pandemi, dari yang biasanya belajar tatap muka menjadi serba online, membuat para siswa dan guru jadi pusing tujuh keliling. Adaptasi belajar daring butuh waktu tak sebentar. Belum lagi muncul keluhan-keluhan selama pembelajaran daring, seperti sulit fokus dan berkonsentrasi pada pelajaran. Nah, masalah seperti ini ternyata bisa diatasi dengan brain gym, lho. 

Hal ini disampaikan oleh psikolog Riliv, Erwinda Tri Satya, M.Psi, Psikolog, dalam webinar yang bertajuk "How to Exercise Your Body & Mind" bersama Kedaireka dan Universitas Katolik Widya Mandala beberapa waktu lalu. Acara ini juga menghadirkan pejuang kesehatan mental ternama Indonesia, Marshanda, untuk membahas brain gym sebagai solusi keluhan belajar.

Terbiasa menggunakan otak kanan atau otak kiri saja? Brain gym membuatmu melatih keduanya!

Baca Juga: Sains Sebut Membaca Buku Dapat Membuat Otak Bekerja Lebih Baik

Kebanyakan orang hanya terbiasa menggunakan satu bagian otak saja. Ada yang terbiasa menggunakan otak kiri, ada pula yang lebih sering menggunakan otak kanan.

Kalau hanya mengandalkan salah satu bagian otak saja, kita tidak memanfaatkan kinerja otak sebaik mungkin. Sangat disayangkan, padahal menggunakan kedua bagian otak bisa membuat kita lebih fokus dan siap belajar.

Lalu, bagaimana cara memaksimalkan kerja otak? Brain gym adalah salah satu solusinya. Secara keseluruhan, aktivitas yang bisa dilakukan di sela-sela kegiatan sehari-hari ini bisa menyeimbangkan tubuh dan pikiran, meningkatkan kemampuan mengingat dan akademik, serta memperbaiki kemampuan komunikasi.

Tidak serumit namanya, brain gym ternyata bisa dilakukan dengan simpel.

Erwinda memberi contoh beberapa gerakan brain gym yang ternyata cukup familiar. Misalnya gerakan menengok ke kanan dan kiri sambil meletakkan tangan di bahu yang berlawanan dengan arah wajah.

Baca Juga: Hebatnya Dampak Musik pada Otak, Memulihkan Kondisi Otak yang Alami Kerusakan Neurologis

Selain itu, ada pula gerakan tangan kanan membentuk pistol dan tangan kiri membentuk huruf 'V', lalu mengubah posisi tangan secara bergantian.

Komentar