alexametrics

Hati-Hati Pakai Ukuran Bra yang Tidak Pas, Ketahui 4 Dampak Buruknya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Hati-Hati Pakai Ukuran Bra yang Tidak Pas, Ketahui 4 Dampak Buruknya!
Ilustrasi bra. (Shutterstock)

Ada beberapa dampak buruk memakai ukuran bra yang tidak pas atau tidak sesuai dengan payudara.

Suara.com - Anda mungkin memiliki banyak koleksi berbagai macam bra di rumah. Sayangnya, kebanyakan wanita justru memakai ukuran bra yang salah atau tidak sesuai dengan kebutuhan payudaranya.

Meskipun memakai bra dengan ukuran yang salah itu bukan suatu masalah besar. Tapi, penggunaan bra dengan ukuran yang salah terus-menerus bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, 4 dampak buruk memakai bra dengan ukuran yang salah terus-menerus pada kesehatan wanita.

1. Sakit punggung, leher dan payudara

Baca Juga: Vaksin COVID-19 Belum Tentu Ampuh Tangkal Varian Omicron? Ini Kata CEO Moderna

Studi mengatakan bahwa ukuran bra yang salah dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti nyeri punggung, nyeri leher, dan nyeri payudara.

Bra yang tidak pas menyebabkan tekanan tali yang berlebihan, sehingga mengakibatkan postur tubuh yang salah dan rasa sakit tubuh yang berbeda.

Ilustrasi sakit punggung. (Pexels//Karolina Grabowska)
Ilustrasi sakit punggung. (Pexels//Karolina Grabowska)

2. Sakit kepala

Tekanan ekstra yang disebabkan oleh bra kecil juga bisa menyebabkan sakit kepala. Jika bra tidak pas, berat payudara meregangkan tali bra dan memberi tekanan tambahan pada bahu. Kondisi ini bisa menyebabkan sakit leher dan sakit kepala.

3. Masalah kulit

Baca Juga: Covid-19 Varian Omicron Mengancam, Kenapa Virus Corona Bisa Terus Bermutasi?

Bra yang terlalu besar mungkin tidak efektif menopang payudara, sehingga menyebabkan kerusakan kulit payudara. Penelitian telah menunjukkan bahwa deformasi payudara yang disebabkan oleh gravitasi menyebabkan kulit meregang di daerah atas payudara. 

4. Deformasi bahu

Tekanan tali bra juga bisa menyebabkan masalah. Saat bra tidak memberikan dukungan yang baik pada payudara, berat berlebihan membuat tali bra menempel di bahu wanita. Studi mengatakan bahwa pemakaian bra kecil dalam durasi lama memberi banyak tekanan pada jaringan lunak bahu sehingga dapat menyebabkan deformasi.

Komentar