alexametrics

Orangtua, Begini Cara Tepat Mengenal Bakat dan Minat Anak Sejak Dini

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Orangtua, Begini Cara Tepat Mengenal Bakat dan Minat Anak Sejak Dini
Ilustrasi anak bermain (Unsplash @lastnameeaster)

Saat bermain, anak merasa lebih diperhatikan dan disayangi, sehingga mereka tidak sungkan menjadi diri sendiri dan mau menunjukan bakat.

Suara.com - Banyak orangtua bingung cara mengetahui bakat dan minat anak. Padahal informasi ini bisa diperoleh dengan cara bermain dengan mereka.

Diungkap Psikolog Keluarga Roslina Verauli, bermain bukan hanya bisa mendekatkan hubungan antara anak dengan orangtua, tetapi juga memperbaiki kualitas bonding di antara keduanya.

Perempuan yang akrab disapa Vera itu mengatakan orangtua yang bermain bersama anak, bisa lebih mengenali bakat dan minat anak yang berpotensi untuk dikembangkan, karena orangtua memperhatikan dan bisa berkomunikasi dengan baik saat bermain.

"Lebih menarik, melalui kegiatan bermain bersama, orangtua memiliki pemahaman yang lebih baik tentang anak, terutama terkait profil strengths (kekuatan) dan weaknesses (kelemahan) anak. Bahkan menjadi momen bagi orangtua untuk mulai mengenali minat dan bakat anak," ujar Vera dalam siaran pers Cussons Kids Play, Selasa (7/12/2021).

Baca Juga: Kisah Pilu Ibu dan Anak Ditemukan Tewas Berpelukan, Tak Tega Lari Saat Letusan Semeru

Vera menjelaskan lewat bermain, anak merasa lebih diperhatikan dan disayangi, sehingga mereka tidak sungkan menjadi diri sendiri dan mau menunjukan bakat.

Bahkan saat bermain, anak bisa bersikap terbuka dan bercerita tentang minatnya pada suatu bidang.

"Permainan pada dasarnya dapat menjadi media bagi orangtua untuk dapat memasuki dunia anak dalam cara yang dipahami dan disukai anak," ungkap Vera.

Tidak hanya mengenal bakat minat anak, bermain juga akan membuat anak dan orangtua bahagia. Ini karena bermain mampu merangsang hormon oksitosin atau hormon bahagia.

"Ya, bukan hanya si kecil, orangtua pun bisa mendapatkan manfaat yang sangat baik dari kegiatan bermain bersama. Hormon oksitosin pada orangtua meningkat saat menyentuh dan tertawa bersama anak. Tentu saja, ini sangat menyenangkan," pungkas Vera.

Baca Juga: Daftar Gunung Api Aktif di Indonesia, 3 Berstatus Siaga, Dimana Saja?

Komentar