alexametrics

Nikita Willy Berhasil Hamil setelah Jalani Terapi Akupuntur, Amankah?

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Nikita Willy Berhasil Hamil setelah Jalani Terapi Akupuntur, Amankah?
Nikita Willy [Instagram]

Biasanya terapi akupuntur untuk kesuburan dikombinasikan dengan obat herbal.

Suara.com - Aktris Nikita Willy tengah menikmati masa-masa menjadi calon ibu. Saat ini, istri Indra Priawan tersebut sedang hamil empat bulan.

Namun sebelumnya, ternyata Nikkita Willy sempat stres lantaran tidak segera mendapat momongan. Hingga ia mencoba berbagai upaya untuk hamil, mulai dari inseminasi buatan.

Sayangnya, usaha tersebut gagal. Nikita pun berhasil hamil setelah menjalani terapi akupuntur.

"Akhirnya aku ditusuk lah pada saat itu juga dan ternyata hamil," ujar Nikita Willy ketika menjadi bintang tamu di vlog Maia Estianty, Selasa (7/12/2021).

Baca Juga: Ini Manfaat Akupuntur dalam Program Bayi Tabung

Memang ada berbagai cara program untuk membantu seorang perempuan hamil, salah satunya akupuntur.

Nikita Willy. (Youtube/MaiaAlElDulTV)
Nikita Willy. (Youtube/MaiaAlElDulTV)

Menurut laman American Pregnancy Association, akupuntur membantu kesuburan dengan mengatasi masalah, seperti tiroid yang kurang berfungsi (Hipotiroidisme) atau tiroid yang terlalu berfungsi (Hipertiroidisme).

Akupuntur mirip dengan terapi fisik karena merupakan metode intervensi medis yang berorientasi pada proses. Biasanya terapi ini dikombinasikan dengan obat herbal.

"Seseorang masih dapat mengambil manfaat dari akupuntur dan herbal karena efek potensialnya untuk meningkatkan fungsi ovarium dan folikel," tulis American Pregnancy.

Dalam sebuah studi oleh Stener-Victorin dari Departments of Obstetrics and Gynecology Fertility Centre, menunjukkan bahwa perawatan kesuburan paling efektif dari cara ini melibatkan kombinasi akupuntur, obat herbal, dan obat tradisional.

Baca Juga: Terapi Akupuntur Bisa Bantu Atasi Long Covid-19, Begini Cara Kerjanya

Namun, kehamilan terkadang bisa terjadi ketika akupuntur dan obat-obatan diherbal digunakan tanpa intervensi medis tradisional.

Risiko terapi akupuntur untuk kesuburan ini tergolong kecil. Tetapi ada risiko keguguran yang meningkat apabila titik akupuntur salah selama kehamilan. Inilah mengapa akupuntur harus dilakukan oleh seorang ahli.

Komentar