alexametrics

4 Cara Mengobati Ambeien secara Alami

Yasinta Rahmawati
4 Cara Mengobati Ambeien secara Alami
Ilustrasi wasir, sulit BAB, diare. (Shutterstock)

Berikut ini beberapa cara mengobati ambeien yang dapat membantu mengurangi gejalanya.

Suara.com - Ambeien merupakan pembengkakan pembuluh darah di bagian bawah rektum dan anus. Terkadang, dinding pembuluh darah ini meregang sangat tipis sehingga pembuluh darah menonjol dan teriritasi, terutama saat Anda buang air besar. Lantas, bagaimana cara mengobati ambeien?

Diketahui, ambeien dikenal juga dengan sebutan wasir. Ambeien ini menjadi salah satu penyebab yang paling umum dari pendarahan dubur.

Penyebab Ambeien

Anda mungkin lebih mungkin terkena ambeien jika ada anggota keluarga Anda yang terkena ambeien. Selain ada juga penyebab lainnya terkena ambeien. Melansir dari berbagai sumber, adapun penyebabnya yaitu sebagai berikut:

Baca Juga: Jangan Mengejan Saat BAB, Ini Risikonya

  • Dorongan yang kuat saat buang air besar
  • Mengejan saat Anda melakukan sesuatu yang berat secara fisik, seperti mengangkat sesuatu yang berat
  • Berat badan ekstra atau obesitas
  • Kehamilan, ketika rahim Anda yang tumbuh menekan pembuluh darah
  • Diet rendah serat
  • Seks anal
Ilustrasi perempuan merasakan ambeien nyeri saat duduk. (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan merasakan ambeien nyeri saat duduk. (Shutterstock)

Cara Mengobati Ambeien

Biasanya, gejala ambeien akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Namun, biasanya akan menyebabkan ketidaknyamanan ringan hingga berat setelahnya.

Berikut ini beberapa cara mengobati ambeien yang dapat membantu mengurangi gejalanya, melansir dari situs Healthline, Kamis (9/12/2021).

1. Mandi air hangat dicampur garam Epsom

Mandi menggunakan air hangat dianggap mampu membantu menyembuhkan iritasi akibat ambeien. Cobalah mandi air hangat yang dicampur garam Epsom sekitar 20 menit setelah setiap buang air besar. Cara ini memberikan kenyamanan dan mengurangi rasa sakit.

Baca Juga: Viral Air Mineral Merek Berrak, Publik Penasaran Kayak Apa Rasanya

2. Kompres dingin

Cara berikutnya bisa dengan mengoleskan kompres es atau kompres dingin ke anus untuk meredakan pembengkakan selama 15 menit. Untuk ambeien akut, kompres dingin ini bisa menjadi pengobatan alternatif yang sangat efektif.

Pastikan es dibungkus menggunakan handuk atau kain. Pastikan untuk tidak mengoleskan es secara langsung ke kulit, karena dapat merusak kulit.

3. Lidah buaya

Salah satu cara obati gejala ambeien berikutnya yaitu menggunakan gel lidah buaya. Gel lidah buaya ini mengandung antiinflamasi yang membantu meminimalisir iritasi. Meski belum terbukti secara klinis, namun sejumlah ahli kesehatan menyampaikan bahwa gel lidah buaya aman digunakan sebagai obat untuk penderita ambeien.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Menurut penelitian tahun 2008, minyak kelapa dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan. Sifat analgesiknya dalam minyak kelapa dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan ketidaknyamanan yang disebabkan ambeien.

Demikianlah informasi mengenai cara mengobati ambeien secara alami yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat.

Kontributor: Ulil Azmi

Komentar