facebook

Tak Perlu Panik, Ini Pengobatan Rumahan Untuk Atasi Infeksi Vagina

Bimo Aria Fundrika
Tak Perlu Panik, Ini Pengobatan Rumahan Untuk Atasi Infeksi Vagina
ilustrasi vagina nyeri

Gatal dan kekeringan pada vagina dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, infeksi jamur, atau eksim.

Suara.com - Musim hujan adalah momen paling umum perempuan merasa gatal-gatal, kekeringan dan terbakar pada vagina. Meskipun tanda-tanda ini biasanya bukan merupakan simbol dari sesuatu yang serius, bukan berarti ini harus diabaikan.

Gatal dan kekeringan pada vagina dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, infeksi jamur, atau eksim. Menggunakan sabun keras dan sabun mandi juga dapat mengiritasi kulit di sekitar vulva dan menyebabkan masalah tersebut.

Terkadang gatal dan kekeringan disertai dengan kemerahan dan pembengkakan di dalam dan sekitar vagina, yang bisa membuat tidak nyaman. Untuk menghentikan gatal pada vagina, seseorang perlu menjaga kebersihan yang tepat. Namun, ada juga beberapa pengobatan rumahan yang dapat meredakan gejala nyeri.

Yogurt dan madu

Baca Juga: Cara Agar Bibir Merah Alami, Ikti Deretan Tips Efektif Ini

Sifat prebiotik yoghurt membantu dalam mengobati gatal dan terbakar pada vagina. Yogurt bila dikombinasikan dengan madu dapat membantu dalam dua cara - pertama, sifat anti-inflamasi madu dan efek menenangkan dari yogurt membantu menghilangkan iritasi dan kedua senyawa probiotik dalam yogurt dapat membantu memperbaiki ketidakseimbangan bakteri, mengurangi risiko infeksi jamur dan infeksi bakteri.

Kamu dapat mencampur yogurt dan madu dan mengkonsumsinya sekali sehari untuk menghilangkan rasa gatal pada vagina. Atau kamu juga bisa mengoleskannya dua kali ke vagina untuk melihat hasil yang cepat. Dapat menyebabkan wabah jamur

Basuh dengan cuka sari apel

Dikatakan bahwa cuka sari apel tidak kurang dari ramuan ajaib. Hampir tidak ada yang tidak bisa diobati ACV. Sifat antibakteri dan antijamur yang kuat dari ACV bekerja sangat baik dalam mengurangi rasa gatal dan terbakar pada vagina. Ini menyeimbangkan pH vagina dan kulit. Ini juga membantu dengan menyeimbangkan flora vagina.

Minyak pohon teh

Baca Juga: Mantan Striker Timnas Bakal Merapat ke Persiba Balikpapan, Peluru Baru?

Sifat anti-jamur, antibakteri dan anti-virus dari minyak pohon teh membuatnya efektif untuk mengobati rasa terbakar dan gatal pada vagina.

Ambil 2-3 tetes minyak pohon teh di jari-jari dan oleskan ke kulit luar vagina. Ini akan membantu membunuh ragi apa pun.

Daun kemangi

Kemangi adalah ramuan yang populer digunakan, yang mengandung eugenol yang membantu mematikan ujung saraf. Ini memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri dan anti-jamur, yang dapat membantu mengobati rasa terbakar dan gatal pada vagina.

Rebus beberapa daun kemangi dalam air. Sekarang biarkan air dingin dan bilas vagina dengan itu 2-3 kali sehari.

Kompres dingin

Jika mengalami rasa gatal yang berlebihan, kompres dingin dapat meredakannya secara instan. Kompres dingin membantu dengan mematikan rasa gatal, sehingga mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Ambil beberapa es batu dan bungkus dengan kain katun bersih. Tempatkan kompres es di area yang terkena selama beberapa menit. Kamu dapat mengulangi ini 3-4 kali sehari.

Komentar