facebook

Asupan untuk Tulang Kuat, Ternyata Tak Cuma Susu

Yasinta Rahmawati
Asupan untuk Tulang Kuat, Ternyata Tak Cuma Susu
Ilustrasi perempuan dengan tulang kuat. [Shutterstock]

Produk susu selama ini menjadi pilihan populer untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Tapi nyatanya, tak cuma susu yang bisa membantu.

Suara.com - Seiring berjalannya usia, kekuatan tulang akan menurun. Sebab saat mencapai puncak massa tulang sekitar usia 30 tahun, tulang akan mengalami resorpsi atau kerusakan. Sehingga menjaga tulang kuat adalah penting karena mampu mengecilkan risiko patah tulang atau osteoporosis.

Untuk menjaga tulang kuat, salah satunya bisa dengan memenuhi asupan kalsium. Produk susu selama ini menjadi pilihan populer untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Tapi nyatanya, tak cuma susu yang bisa membantu.

Dalam studi terbaru di Journal of Nutrition mengemukakan bahwa mengonsumsi sayuran dihubungkan dengan tulang yang lebih kuat, khususnya untuk orang dewasa dengan asupan sayuran rendah.

Penelitian ini melibatkan 102 orang dewasa yang diketahui mengonsumsi kurang dari satu porsi sayuran sehari dievaluasi dalam uji coba delapan minggu.

Baca Juga: Ibarat Kopi Susu, Kehidupan 2021 Dipenuhi Rasa Pahit dan Manis

Sedangkan satu kelompok kontrol diminta untuk mengonsumsi sekitar 270 gram sayuran ekstra sehari. Dengan mengukur asupan nutrisi, karotenoid plasma, dan penanda terkait tulang lainnya, hasilnya menunjukkan manfaat positif bagi kesehatan tulang untuk kelompok kontrol yang makan sayur.

Ilustrasi wanita kuat (freepik.com) / nakaridore
Ilustrasi tulang kuat. (freepik.com) / nakaridore

Dilansir dari Eat This, sayuran berdaun hijau dikemas dengan kalsium serta vitamin K. Produk tomat, serta sayuran merah/oranye lainnya seperti ubi jalar, jeruk, pisang, dan pisang raja, dikemas dengan potasium. Semuanya bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Akan tetapi, kalsium bukan satu-satunya yang penting untuk mendapat tulang kuat. Vitamin D juga memainkan peran penting dalam memperkuat tulang.

Sebab, vitamin D terhubung dengan penyerapan kalsium yang berasal dari usus dan membantu membangun jaringan tulang.

Terakhir, vitamin C sangat penting untuk produksi kolagen, protein yang penting untuk kesehatan tulang dan kulit, menurut American Bone Health.

Baca Juga: Hati-hati, Konsumsi Suplemen Ini Justru Berbahaya Bagi Jantung

Studi menunjukkan hubungan positif antara konsumsi vitamin C dan tulang yang lebih sehat, serta melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak kesehatan tulang Anda.

Karenanya, jangan hanya fokus pada minum susu. Konsumsi teratur berbagai nutrisi di atas sangat berkontribusi untuk menjaga tulang kuat.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar