facebook

Berapa Lama Penyintas Virus Corona Bisa Suntik Vaksin Covid-19?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Berapa Lama Penyintas Virus Corona Bisa Suntik Vaksin Covid-19?
ilustrasi vaksinasi COVID-19. [Envato Elements]

Penyintas virus corona Covid-19 tidak bisa langsung suntik vaksin Covid-19 setelah pulih.

Suara.com - Vaksin Covid-19 adalah cara terbaik untuk melindungi diri sendiri maupun orang lain dari virus corona Covid-19. Para ahli pun telah mendesak semua orang untuk suntik vaksin Covid-19 guna meningkatkan kekebalan.

Tapi, tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak orang yang belum suntik vaksin Covid-19. Mereka mungkin saja masih ragu dengan vaksin Covid-19 atau baru saja terinfeksi virus corona Covid-19.

Banyak orang mungkin bingung jeda waktu yang tepat untuk suntik vaksin Covid-19 setelah terinfeksi virus corona Covid-19.

NHS merekomendasikan Anda harus menunggu setidaknya 4 minggu atau 28 haru dari hari pertama kali Anda terinfeksi atau mengalami gejala virus corona Covid-19.

Baca Juga: 30 Manfaat Pisang Ambon yang Kaya Nutrisi, Kurangi Risiko Ginjal dan Jantung

"Jika Anda pernah positif virus corona Covid-19, Anda harus menunggu beberapa waktu sebelum suntik vaksin Covid-19, jangan langsung vaksinasi," kata NHS dikutip dari Express.

Ilustrasi vaksin Covid-19 (Pexels)
Ilustrasi vaksin Covid-19 (Pexels)
  1. Orang yang berusia 18 tahun ke atas dan pernah terinfeksi virus corona harus menunggu 4 minggu untuk suntik vaksin Covid-19.
  2. Orang usia 12 hingga 17 tahun yang pernah terinfeki virus corona harus menunggu 12 minggu untuk suntik vaksin Covid-19.
  3. Orang usia 12 hingga 17 tahun yang berisiko tinggi terinfeksi virus corona dan pernah terinfeksi harus menunggu 4 minggu untuk suntik vaksin Covid-19.

"Jeda waktu ini dihitung dari tanggal pertama Anda mengalami gejala virus corona atau dinyatakan positif virus coronaa," jelasnya.

Sebelumnya, waktu tunggu penyintas virus corona untuk suntik vaksin Covid-19 cukup lama. Tapi, ahli memperpendek jangka waktunya agar segera terbentuk kekebalan kawanan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar