facebook

Hasil Studi Baru Menemukan Manfaat Konsumsi Anggur, Salah Satunya Menyehatkan Jantung

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Hasil Studi Baru Menemukan Manfaat Konsumsi Anggur, Salah Satunya Menyehatkan Jantung
Ilustrasi buah anggur (Shutterstock)

Anggur dapat menurunkan kadar kolesterol yang dapat mencegah serangan jantung dan stroke.

Suara.com - Para peneliti di California, Los Angeles, menemukan bahwa makan anggur dapat menurunkan kadar kolesterol yang dapat mencegah serangan jantung dan stroke.

Dalam studinya, peneliti ini memberi peserta 46 gram bubuk anggur utuh per hari, setara dengan dua porsi anggur California.

Berdasarkan laporan Daily Mail, mengonsumsi anggur dapat meningkatkan keragaman bakteri dalam usus, yang dianggap penting untuk sistem kekebalan, serta menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, makan anggur juga mengurangi kadar asam empedu, yang memainkan peran integral dalam metabolisme, atau pengolahan, empedu.

Baca Juga: Ringankan Gejala Radang Sendi, Cobalah Makan Buah Anggur Setiap Hari!

Ilustrasi anggur. (Shutterstock)
Ilustrasi anggur. (Shutterstock)

Di sisi lain, anggur juga mengandung antioksidan yang disebut polifenol, senyawa organik yang dapat menjaga pembuluh darah tetap sehat dan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Polifenol dan senyawa organik lain di dalam anggur juga dapat mengurangi dan membantu mengontrol kadar gula darah, tingkat tekanan darah, dan mengurangi peradangan kronis.

Studi baru ini dipimpin oleh ahli gizi dan profesor kedokteran Zhaoping Li dari University of California dan diterbitkan dalam jurnal Nutrients.

"Riset ini memperdalam pengetahuan kita dan memperluas jangkauan manfaat kesehatan dalam anggur. Bahkan, saat penelitian, anggur terbukti memperkuat kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol," ujar Li.

Baca Juga: Viral Palet Eyeshadow Kolaborasi dengan Anggur Merah, Halal Dipakai?

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar