alexametrics

Ringankan Gejala Radang Sendi, Cobalah Makan Buah Anggur Setiap Hari!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Ringankan Gejala Radang Sendi, Cobalah Makan Buah Anggur Setiap Hari!
Ilustrasi anggur. (Shutterstock)

Makan buah anggur setiap hari bisa membantu meringankan gejala radang sendi.

Suara.com - Arthritis atau radang sendi yang bisa dialami oleh semua orang. Sayangnya, sekarang ini belum ada pengobatan khusus untuk mengatasi radang sendi.

Tapi Anda bisa mengonsumsi obat-obatan, mengubah gaya hidup dan pola makan untuk mengatasi radang sendi. Sebuah penelitian menunjukkan konsumsi makanan kaya antioksidan dan memiliki sifat antiinflamasi bisa meringankan gejalanya.

Konsumsi makanan tertentu ini adalah cara paling efektif mengelola gejala radang sendi. Anda bisa mengonsumsi buah beri untuk membantu menyembuhkan gejala radang sendi.

Dalam hal ini, anggur adalah buah beri kecil yang memiliki banyak nutrisi penting untuk membantu tubuh Anda mengatasi gejala radang sendi yang menyakitkan. Anggur kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antiinflamasi kuat.

Baca Juga: Penderitanya Terus Meningkat, Ini Cara Mengontrol Diabetes Selama Pandemi

Satu penelitian kecil terhadap 24 pria memberi peserta bubuk anggur pekat yang setara dengan porsi 250 gram anggur segar selama tiga minggu. Peserta yang mendapatkan bubuk anggur mengalami penurunan tingkat peradangan, dibandingkan dengan mereka yang diberi plasebo.

Ilustrasi radang sendi, arthritis (Shutterstock)
Ilustrasi radang sendi, arthritis (Shutterstock)

Hal ini menunjukkan bahwa anggur adalah antiinflamasi yang efektif. Konsumsi anggur bisa membantu mengurangi pembengkakan menyakitkan di sekitar sendi rematik.

Anggur juga mengandung banyak senyawa tanaman alami yang bisa membantu menenangkan sendi yang sakit.

Resveratrol adalah salah satu senyawa pada kulit anggur yang telah dipercaya mampu mengobati radang sendi. Satu penelitian laboratorium menemukan resveratrol bisa mencegah pembentukan sel rheumatoid arthritis.

Senyawa tanaman lain yang ditemukan dalam anggur adalah proanthocyanidin. Senyawa ini bisa membantu mengurangi peradangan terkait arthritis dalam penelitian tabung reaksi lain.

Baca Juga: Dokter Temukan Infeksi Jamur Hitam pada Pasien Demam Berdarah

Sementara hasil dari penelitian di lingkungan laboratorium terkontrol cukup menjanjikan, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk menentukan seberapa efektifnya makan buah anggur untuk radang sendi.

Tapi, kita tahu bahwa ada banyak jenis anggur. Anggur merah pun salah satu buah beri yang mengandung resveratrol, senyawa nabati yang dikenal karena sifat antiinflamasinya.

"Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi anggur dikaitkan dengan penurunan risiko osteoarthritis lutut," kata badan kesehatan radang sendi dikutip dari Express.

Komentar