facebook

Jadi Kelemahan Timnas Garuda, Ini Pengertian dan Manfaat Lakukan Weight Training

Risna Halidi | Lilis Varwati
Jadi Kelemahan Timnas Garuda, Ini Pengertian dan Manfaat Lakukan Weight Training
Starting eleven Timnas Indonesia di laga leg kedua final Piala AFF 2020 kontra Thailand. [ANTARA FOTO/Flona Hakim]

Pelatih Timnas sepakbola Indonesia Shin Tae-yong mengungkapkan bagaimana skuad Garuda banyak yang tidak tahu tentang weight training. Memang apa sih?

Suara.com - Pelatih Timnas sepakbola Indonesia Shin Tae-yong mengungkapkan bagaimana skuad Garuda banyak yang tidak tahu tentang weight training atau latihan beban.

Padahal menurutnya, latihan itu penting diketahui dan dilakukan karena sepakbola termasuk olahraga keras.

"Weight training untuk menguatkan badan, maksudnya main bola, kan pasti main body. Bakal banyak nabrak, benturan, harus keras mainnya," kata Shin Tae-yong, dikutip dari tayangan siniar bersama Deddy Corbuzier di YouTube, Selasa (11/1/2022) kemarin.

Shin Tae-yong menambahkan, apabila pemain tidak memiliki postur tubuh yang kuat, maka akan menyebabkan mereka sulit bermain dengan kemampuan terbaiknya. 

Baca Juga: Dear Deddy Corbuzier, Shin Tae-yong Pernah Bobol Gawang Persib Bandung Loh

"Saat coach Shin baru datang, banyak pemain Indonesia tidak tahu soal weight training," ucapnya.

Sesuai namanya, latihan beban merupakan jenis latihan kekuatan yang menggunakan beban untuk ketahanan.

Tujuannya untuk memberikan tekanan pada otot menggunakan beban, misalnya barbel dan dumbel, atau dengan menggunakan mesin beban. Latihan ini akan memungkinkan otot diaktifkan dan menjadi lebih kuat.

Dikutip dari True Fitness, latihan beban yang efektif tergantung pada teknik yang dilakukan. Sebab, teknik latihan beban yang salah dapat menyebabkan keseleo, tegang, patah tulang, bahkan cidera yang menyakitkan.

Bagi atlet terutama pesepakbola, latihan beban tidak hanya membentuk tubuh agar lebih berotot dan menjadi kuat. Ada manfaat lainnya yang bisa didapat dari latihan beban. 

Baca Juga: Shin Tae-yong Ingin Tinggal di Bali hingga Main Squid Games

Tertulis pada situs Total Soccer bahwa sepakbola sebenarnya lebih dari sekadar bakat dan keterampilan. Juga bukan hanya mengandalkan kecepatan lari pemainnya. Tapi juga diperlukan kekuatan. 

Selain adu cepat berlari dengan lawan, pemaim sepakbola juga sering kali harus beradu badan untuk saling tekel hingga adu lompat untuk mengontrol bola di udara. 

Manfaat lain dari latihan beban bagi pemain sepakbola di antaranya:

1. Mengurangi Risiko Cidera 
Gerakan seperti jongkok dan deadlifting bisa memperkuat otot-otot yang menstabilkan sendi, seperti pinggul dan lutut. Memperkuat otot sekitar sendi busa mengurangi risiko cidera pada atlet sepakbola. 

2. Keseimbangan Lebih Baik
Mengembangkan kekuatan memungkinkan pemain untuk mengontrol tubuhnya dengan lebih baik ketika harus beradu dengan lawan.

3. Gerakan yang Lebih Kuat
Menendang bola, mengontrol arah bola di lapangan, melakukan penyelamatan di gawang, hingga menyundul bola, semuanya teknik permainan yang membutuhkan keterampilan khusus juga ketahanan tubuh.

Untuk melakukan itu semua, atlet tentu perlu kekuatan otot dan kecepatan yang optimal.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar