facebook

Dear Parents, Ini Asupan Nutrisi yang DIperlukan Untuk Perkembangan dan Pertumbuhan Otak Anak

Bimo Aria Fundrika
Dear Parents, Ini Asupan Nutrisi yang DIperlukan Untuk Perkembangan dan Pertumbuhan Otak Anak
ilustrasi anak bermain.[Pexels]

Untuk itu penting bagi orangtua untuk memaksimalkan tumbuh kembang buah hati yang sedang dalam periode keemasan.

Suara.com - Usia 0 hingga 5 tahun seringkali disebut sebagai masa keemasan anak. Pada usia tersebut pula otak anak berkembang sampai 80 persen, sehingga sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja.

Untuk itu penting bagi orangtua untuk memaksimalkan tumbuh kembang buah hati yang sedang dalam periode keemasan. Seperti diketahui, pada pada masa ini anak membutuhkan nutrisi yang optimal agar proses tumbuh kembangnya juga berjalan dengan optimal.

Asupan nutrisi tersebut dapat diperoleh dari makanan sehari-harinya. Oleh karena itu penting untuk orang tua, khususnya Bunda, untuk memberikan asupan makanan dengan gizi yang seimbang sesuai kebutuhan harian sesuai usianya.

Namun terkadang Bunda kesulitan untuk memberikan makanan yang sarat dengan gizi seimbang dengan kadar gizi yang sudah memenuhi kebutuhan harian si Kecil. Hal itu disebabkan oleh banyak hal, misalnya dalam menyediakan makanannya maupun dari si Kecil yang terkadang mengalami picky eater (menjadi pemilih makanan) atau bahkan sedang susah makan. Pada kondisi ini maka Bunda perlu mempertimbangkan untuk memberikan asupan nutrisi tambahan yang berasal dari suplemen atau multivitamin yang ada di pasaran.

Baca Juga: Ahli Gizi: Jangan Berikan Gula Tambahan pada Anak di Bawah 2 Tahun

Ilustrasi suplemen minyak ikan. (Shutterstock)
Ilustrasi suplemen minyak ikan. (Shutterstock)

Tidak hanya itu, pemberian suplemen juga harus dilakukan pada kondisi-kondisi tertentu. Seperti saat anak sedang dalam kondisi kekebalan tubuh yang lemah atau kondisi khusus lain yang membuat si Kecil sangat membutuhkan asupan nutrisi tambahan dari suplemen. Sangat mengkhawatirkan kalau sampai anak mengalami malnutrisi atau asupan gizinya tidak seimbang. Karena ini dapat menghambat tumbuh kembangnya.

Sebagai salah satu pilihan orangtua bisa memberi anak Generos yang terdiri dari lima bahan yang terdiri dari ikan sidat, daun pegagan, madu hutan, temulawak dan mengkudu. Suplemen ini diyakini mampu membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Untuk anak dengan kebutuhan khusus, seperti anak autis, ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), menderita epilepsi dan sebagainya, manfaat Generos dapat membantu memberikan nutrisi dari dalam.

Dalam keterangannya, Retnosyari Septiani S.TP, M.Sc, salah satu tim formulator Generos mengatakan bahwa suplemen tadi telah formulasi secara khusus dengan bahan-bahan alami yang kaya akan antioksidan dan probiotik. Sehingga akan membantu metabolime tubuh.

"Sehinga memperlancar aliran darah, dan asupan oksigen ke otak menjadi lancar. Dengan demikian otak dan saraf bisa berkembang dan meregenerasi sel yang rusak secara bertahap. Antioksidan inilah yang menghilangkan radikal bebas dan memperlancar kerja saraf di otak," kata dia

Sedangkan kandungan probiotik Generos mampu memperbaiki sistem pencernaan dengan meningkatkan jumlah bakteri baik, serta mengembangkan microflora usus, dan metabolisme tubuh sehingga kerja organ-organ tubuh menjadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Sayuran Hijau Ini Paling Dianjurkan untuk Dikonsumsi Setiap Hari, Ada Brokoli hingga Kale

Untuk terapi epilepsi, Renosyari juga mengatakan bahwa suplemen tadi berfungsi antara lain untuk menjaga agar fungsi otak dan saraf stabil, serta sistem peredaran darah lancar. Pegagan (Centella asiatica (L.) Urban) sebagai salah satu bahan Generos dengan kandungan zat aktif yang terkandung di dalamnya bermanfaat memberi efek positif terhadap daya rangsang saraf otak dan memperlancar transportasi darah pada pembuluh-pembuluh otak.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar