facebook

5 Penyebab Mimisan yang Perlu Diketahui

Yasinta Rahmawati
5 Penyebab Mimisan yang Perlu Diketahui
Ilustrasi hidung berdarah atau mimisan. (Shutterstock)

Mimisan salah satu kondisi fisik yang mana darah keluar dari hidung. Penyebabnya bermacam-macam. Adapun penyebab mimisan yaitu sebagai berikut

Suara.com - Mimisan yang tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan mungkin tampak menakutkan, tetapi biasanya mimisan tidak terlalu membayahakan. Bagi Anda yang pernah mimisan, mungkin bertanya-tanya apa penyebabnya. Lantas, apa penyebab mimisan? Berikut ini ulasannya. 

Sebelum menyebutkan apa penyebab mimisan, perlu diketahui bahwa mimisan terbagi menjadi dua jenis, yaitu: (1) mimisan yang berasal dari bagian depan hidung atau mimisan anterior, dan (2) mimisan yang dimulai dari belakang atau mimisan posterior.

Penyebab Mimisan

Setelah mengetahui jenis-jenis mimisan, simak berikut ini penyebab mimisan yang perlu diketahui yang dilansir dari berbagai sumber.

Baca Juga: Dilempar Kipas oleh Pak Ogah, Istri Siapkan Obat Penenang

1. Kondisi Kesehatan yang Mendasari

Penyakit hati, penyakit ginjal, konsumsi alkohol kronis, atau kondisi kesehatan lain yang mendasarinya dapat menurunkan kemampuan darah Anda untuk menggumpal dan karenanya menyebabkan hidung Anda berdarah.

Selain itu, kondisi jantung seperti hipertensi (tekanan darah tinggi) dan gagal jantung kongestif juga dapat menyebabkan mimisan. Pilek, alergi, dan sering meniup hidung juga dapat mengiritasi lapisan hidung Anda, yang mengakibatkan mimisan.

Ilustrasi anak mimisan. (Shutterstock)
Ilustrasi anak mimisan. (Shutterstock)

2. Udara Kering

Udara kering dari pemanas dalam ruangan atau dingin di luar ruangan dapat mengeringkan lapisan hidung, menyebabkannya retak dan berdarah sehingga terjadi mimisan. Menggunakan pelembab udara saat tidur dapat membantu meredakan kekeringan, dan semprotan hidung sangat membantu untuk melembabkan lubang hidung.

Baca Juga: Meski Kondisinya Cukup Memprihatinkan, Pak Ogah Masih Suka Bercanda

3. Obat Pengencer Darah

Karena pembekuan darah adalah langkah penting dalam mencegah atau menghentikan mimisan, obat apa pun yang mengubah kemampuan darah untuk membeku dapat menyebabkan hidung berdarah — atau membuat pendarahan di hidung lebih sulit untuk dihentikan. 

4. Menggaruk Hidung

Cedera yang tidak disengaja pada pembuluh darah di lubang hidung akibat mengorek hidung dapat menyebabkan mimisan. Ini umum terjadi pada anak-anak, tetapi juga pada orang dewasa yang rentan terhadap gatal atau garukan di dalam hidung mereka.

5. Benda Asing

Mimisan juga bisa terjadi jika benda asing diletakkan di hidung. Ini paling umum di antara anak-anak kecil, yang menjelajahi dunia mereka dengan meletakkan benda-benda di mulut, hidung, atau telinga mereka. Contoh barang-barang ini termasuk mainan kecil, kerikil, makanan, penghapus, dan kotoran.

Demikian informasi mengenai 5 penyebab mimisan yang perlu diketahui. Jika Anda terkena mimisan, Anda bisa mencoba menghentikannya sendiri dengan cara duduk dan condong ke depan, lalu tutup lubang hidung setidaknya 10 menit. Jika tidak berhasil, sebaiknya segera temui dokter.

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar