facebook

Pingsan hingga Pusing, Ini Gejala Awal Infeksi Virus Corona Covid-19!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Pingsan hingga Pusing, Ini Gejala Awal Infeksi Virus Corona Covid-19!
Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)

Virus corona Covid-19 bisa menyebabkan gejala awal berupa pusing dan pingsan.

Suara.com - Gejala varian Omicron berbeda pada setiap orang. Setiap orang bisa tidak mengalami gejala apapun, gejala ringan atau berbagai macam gejala.

Tapi, ada beberapa gejala varian Omicron yang muncul berulang kali sebagai indikator bahwa Anda mungkin mulai terinfeksi.

Gejala varian Omicron yang muncul berulang kali sebagai pertanda awal infeksi bisa berupa sakit tenggorokan, keringat malam, dan sakit kepala.

Kini, sebuah laporan baru dari Jerman menyatakan bahwa varian Omicron juga bisa menyebabkan seseorang pingsan sebagai gejala awalnya.

Baca Juga: Virus Corona Covid-19 Bisa Buat Anak Susah Makan, Ini Sebabnya!

Para dokter di Berlin telah menemukan kaitan antara keduanya setelah seorang pria 35 tahun mengalami pingsan berulang kali hingga datang ke rumah sakit, yang rupayanya ia diketahui terinfeksi virus corona Covid-19.

Ilustrasi pingsan. [shutterstock]
Ilustrasi pingsan. [shutterstock]

Saat itu, dokter pun mengatakan bahwa infeksi virus corona Covid-19 telah membuat pria itu pingsan. Padahal, biasanya pingsan disebabkan oleh aliran darah yang rendah ke otak.

Menurut para dokter dilansir dari The Sun, hubungan yang jelas antara infeksi virus corona Covid-19 dan pingsan adalah sinkop (penurunan kesadaran sementara akibat penurunan aliran darah ke otak).

Mereka mengatakan sinkop bisa terjadi karena 3 hal, yakni keadaan ketika sinkop memanifestasikan dirinya, korelasi kronologis yang jelas dari gejala infeksi virus corona, dan tidak adanya sifat yang menunjukkan penyakit jantung struktural.

Beberapa jenis virus corona ini juga bisa menyebabkan pusing setelah mengenai telinga bagian dalam dan saraf di sekitarnya sebagai pertanda awal infeksi.

Baca Juga: Mulai dari Sakit Kepala Hingga Stroke, Begini Cara Virus Corona Mempengaruhi Otak Manusia

Bahkan, beberapa pasien yang mengalami Long Covid-19 juga melaporkan kejadian pingsan. Data dari Italia, Spanyol, dan Portugal menemukan dari lebih dari 14.000 pasien virus corona, sekitar 4,2 persen mengaku sering pingsan pada awal infeksi.

Nampaknya, kasus pingsan akibat virus corona Covid-19 ini lebih berisiko menyerang orang usia 60 tahun ke atas.

Meskipun, pingsan merupakan pertanda awal infeksi varian Omicron yang paling banyak dilaporkan. Tapi, bukan berarti tidak ada gejala lainnya.

Seseorang bisa saja mengalami 5 gejala umum varian Omicron lainnya, seperti pilek, sakit kepala, kelelahan, bersin dan sakit tenggorokan. Gejala varian Omicron ini juga cenderung muncul lebih cepat dibandingkan varian Delta.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar