facebook

Efektif Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Cobalah Ramuan dari Teh Ini!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Efektif Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Cobalah Ramuan dari Teh Ini!
Ilustrasi teh. [unsplash]

Ramuan dari teh ini bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah tinggi.

Suara.com - Tekanan darah tinggi termasuk kondisi yang bisa menyebabkan masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung hingga stroke.

Sayangnya, tidak semua orang menyadari dirinya memiliki tekanan darah tinggi. Sehingga, kondisi ini diabaikan sampai berkembang menjadi masalah kesehatan serius.

Pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi, konsumsi makanan sehat bisa membantu mengobati dan mencegah kondisi tersebut.

Tapi, ada pula satu ramuan khusus yang mengandung senyawa untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Menurut jurnal Plant Foods for Human Nutrition, sifat antioksidatif thyme dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember Mengembangkan elBicare Cough Analyzer, Deteksi Virus Corona Melalui Suara Batuk

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak thyme dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik pada hewan pengerat.

Tekanan darah tinggi, hipertensi (Pixabay/McRonny)
Tekanan darah tinggi, hipertensi (Pixabay/McRonny)

Tekanan darah sistolik merupakan indikasi tekanan darah yang diberikan terhadap dinding arteri ketika jantung berdetak.

Secara umum, tekanan darah sistolik dianggap paling penting dari dua bacaan karena menawarkan indikasi yang lebih jelas tentang risiko penyakit jantung seseorang.

Sedangkan dilansir dari Express, tekanan darah diastolik mengacu pada tekanan di arteri ketika jantung beristirahat di antara detak.

Dalam jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity, para peneliti menjelaskan bahwa makanan kaya polifenol memiliki efek terbalik pada kondisi tertentu, seperi hipertensi.

Baca Juga: Gejalanya Lebih Ringan, Varian Omicron Malah Sumbang 99,5 Persen Kasus Virus Corona AS

Hal ini menginformasikan keputusan mereka untuk melakukan penyelidikan tentang efek antihipertensi thyme.

"Spesies oksigen reaktif memainkan peran penting dalam perkembangan hipertensi," kata peneliti.

Mereka menemukan bahwa thyme liar menginduksi penurunan tekanan darah dan resistensi vaskular yang signifikan pada tikus hipertensi.

Hasilnya, thyme liar bisa bertindak sebagai suplemen yang berguna untuk intervensi kardiovaskular. Temuan serupa yang diterbitkan dalam jurnal Acta Poloniae Pharmaceutica, mengkonfirmasi efek antihipertensi thyme.

Para peneliti mencatat adanya penurunan yang signifikan pada tekanan darah sistolik dan diastolik, serta kadar kolesterol LDL setelah meengonsumsi thyme tersebut.

Mereka juga mencatat bahwa kadar kolesterol HDL meningkat secara signifikan, yang membantu membersihkan tubuh dari molekul LDL yang berbahaya.

Terlebih lagi, tim mengamati bahwa ekstrak tersebut mampu menurunkan detak jantung pada tikus dengan tekanan darah tinggi secara signifikan.

"Dapat dibayangkan bahwa (thyme) mengandung senyawa aktif tertentu yang mungkin bertanggung jawab atas aktivitas antihipertensi yang diamati," katanya.

Selain itu, temuan ini lebih lanjut mengotentikasi penggunaan tradisional tanaman ini dalam pengobatan cerita rakyat.

Para peneliti berspekulasi bahwa asam rosmarinic, salah satu senyawa kunci dalam thyme - dapat membantu mengurangi tekanan darah sistolik dengan menghambat enzim.

Thyme juga mengandung konsentrasi tinggi vitamin A, C, E dan K, serta mineral seperti kalsium, kalium, besi dan fosfor.

Berkat konsentrasi vitamin C-nya, teh thyme mungkin memiliki efek meningkatkan kekebalan yang dapat membantu menangkal pilek.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar