facebook

Jadi Pasien Covid-19 Terlama di Inggris, Pria Ini Beri Pesan Penting Bagi Orang-Orang yang Masih Sehat

Vania Rossa | Lilis Varwati
Jadi Pasien Covid-19 Terlama di Inggris, Pria Ini Beri Pesan Penting Bagi Orang-Orang yang Masih Sehat
Ilustrasi covid-19. (Pexels)

Ia terinfeksi Covid-19 sejak akhir tahun 2020 lalu.

Suara.com - Seorang pria berusia 40 tahun bernama Andrew Watts dipastikan menjadi pasien Covid-19 terlama di London, Inggris. Ia sudah terinfeksi Covid-19 sejak akhir 2020 dan baru mendapatkan dukungan oksigen.

Andrew terkonfirmasi positif Covid-19 pada Hari Natal 2020, kemudian dirawat di Rumah Sakit Queen Elizabeth di Woolwich karena mengalami pneumonia.

Ia dirawat di rumah sakit tersebut selama delapan bulan dalam perawatan intensif dan dua bulan di bangsal.

Ayah dua anak itu sempat mengalami koma selama lima minggu dan menderita kolaps paru-paru yang hampir merenggut nyawanya. Pihak rumah sakit bahkan sempat memanggil istrinya, Hayley, untuk mendiskusikan mematikan alat ventilator.

Baca Juga: Terus Melonjak, Pasien COVID-19 di Brasil dan Spanyol Bikin Rumah Sakit Penuh

"Saya berjuang sampai akhir, saya ingin kembali ke anak-anak dan istri," kata Andrew, dikutip dari Metro.

Ketika akhirnya kembali siuman, Andrew tidak menyangka dirinya bisa pulih. Ia bangga pada dirinya sendiri mampu melewati masa kritis.

Andrew akhirnya keluar dari rumah sakit setelah hampir setahun dirawat. Selama beberapa bulan terakhir perawatannya, ia perlu kembali belajar berjalan dan berbicara.

Setelah menggunakan pipa trakeostomi di rumah sakit, ia kini memiliki lubang di lehernya yang belum sembuh benar dan mempengaruhi kemampuannya untuk mandi dan berenang.

"Baru satu setengah minggu yang lalu, saya lepas dari kanula hidung untuk pertama kalinya sejak meninggalkan rumah sakit. Saya menggunakannya selama sembilan jam setiap malam untuk membantu pemulihan saya agar paru-paru saya kembali normal," ujarnya.

Baca Juga: Sering Rawat Pasien Covid-19 di UGD, Dokter Asal AS Sebut Gejala Pasien Tergantung Status Vaksinnya

Akibat pengalaman sakitnya itu, Andrew meminta orang-orang agar disiplin protokol kesehatan.

"Saya ingin semua orang menjalani hidup mereka dengan maksimal. Ini tidak akan kemana-mana dan kita harus belajar untuk hidup dengannya (Covid-19)," ucap Andrew.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar