facebook

4 Manfaat Teh Daun Jati Cina, Amankah untuk Diet?

Yasinta Rahmawati
4 Manfaat Teh Daun Jati Cina, Amankah untuk Diet?
Foto oleh Teejay dari Pexels

Konsumsi teh daun jati Cina belakangan cukup populer di kalangan masyarakat untuk diet. Simak faktanya di sini!

Suara.com - Berbagai cara untuk menurunkan berat badan dilakukan, termasuk menggunakan bahan herbal. Teh daun jati Cina misalnya, belakangan cukup populer untuk membantu diet yang dilakukan, sehingga berat badan bisa turun lebih cepat.

Tapi bagaimana sebenarnya manfaat dari teh daun jati Cina? Apakah aman digunakan menjadi salah satu minuman herbal yang mendukung diet?

Manfaat Teh Daun Jati Cina

1. Mengurangi Terjadinya Sembelit

Baca Juga: Zodiak Kesehatan 22 Januari 2022: Scorpio, Fokus Pada Diet Sehat Sekarang Juga

Karena mengandung Senosida, maka konsumsi teh daun jati Cina bisa membantu melancarkan buang air besar. Hal ini karena kandungan tersebut memicu gerakan usus sehingga feses akan keluar lebih mudah. Senosida juga berfungsi menambah kadar air pada feses, sehingga tidak sulit dikeluarkan.

2. Menurunkan Resiko Wasir

Karena sifatnya melancarkan pencernaan dan memudahkan BAB, maka konsumsinya juga dapat membantu mengurangi keluhan wasir dan mempercepat penyembuhannya. Karena Anda tak lagi perlu mengejan, maka BAB jadi lebih aman.

ilustrasi teh daun jati cina

3. Meredakan Gejala Sindrom Iritasi Usus Besar

Adanya sifat Laksatif dalam teh daun jati Cina ini dapat membantu mengurangi gejala susah BAB pada penderita sindrom iritasi usus besar, sehingga kedepannyaw lebih cepat membaik. Meski demikian konsumsi untuk tujuan ini hanya disarankan untuk konsumsi jangka pendek.

Baca Juga: 7 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Ini Kebaikan yang Bakal Didapat Jika Rutin Dikonsumsi

4. Asupan Antioksidan

Seperti kebanyakan teh lain, teh daun jati Cina juga dapat membantu mencukupi kebutuhan Antioksidan harian. Mulai dari Flavonoid, Tanin, hingga Anthraquinones, semua terkandung di dalam teh ini sehingga bisa membantu menangkal radikal bebas.

Lalu Amankah untuk Diet?

Meski populer sebagai salah satu minuman untuk diet, ternyata secara langsung konsumsi teh daun jati Cina ini tak memiliki efek pada proses diet. Hanya saja, konsumsinya dapat membantu melancarkan buang air besar dan membersihkan usus, sehingga proses pembuangan berjalan lebih baik.

Dalam jangka panjang konsumsinya tak disarankan, karena sifatnya mirip seperti obat pencahar alami. Hal ini justru bisa mengganggu proses penyerapan makanan yang ada di dalam organ pencernaan, dan mengurangi nutrisi yang diserap karena proses berjalan cepat.

Sebenarnya dalam konsumsi batas wajar, teh daun jati Cina bisa memberikan banyak sekali manfaat. Tentu saja, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Anda untuk urusan ini, sehingga bisa mendapatkan rekomendasi terbaik. Semoga berguna, dan selamat beraktivitas kembali!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar