facebook

Tak Selalu Bagus, Ketahui 5 Bahaya Melakukan Perawatan Wajah Pakai Buah Lemon

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
Tak Selalu Bagus, Ketahui 5 Bahaya Melakukan Perawatan Wajah Pakai Buah Lemon
Ilustrasi Memakai Masker Lemon (freepik)

Untuk itu penting mengetahui lima risiko yang terjadi jika kamu nekat menggunakan lemon untuk perawatan kulit wajah.

Suara.com - Lemon dikenal mengandung vitamin C dan asam sitrat yang bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit. Salah satunya seperti bintik hitam, penuaan dini dan jerawat.

Untuk itu penting mengetahui lima risiko yang terjadi jika kamu nekat menggunakan lemon untuk perawatan kulit wajah. Berikut ulasannya yang dilansir dari Healthline.

1. Menyebabkan Iritasi Kulit
Iritasi kulit adalah efek samping yang paling umum dari lemon. Mengapa? Lemon memiliki sumber asam, sehingga efeknya bisa mengiritasi kulit. Mungkin saja, ketika kamu melakukan perawatan lewat buah ini, efek samping yang terjadi adalah kulit kering, kemerahan, dan pengelupasan yang berlebihan.

2. Menyebabkan Fitofotodermatitis
Fitofotodermatitis adalah jenis reaksi kulit yang berasal dari buah jeruk. Ketika kamu menggunakan buah ini dan kemudian terkena paparan sinar UV, tentu ini bisa menyebabkan efek samping seperti kemerahan, bengkak, hingga melepuh.

Baca Juga: 5 Khasiat Jeruk Mandarin bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui

Ilustrasi Lemon. (pixabay.com)
Ilustrasi Lemon. (pixabay.com)

3. Terbakar Sinar Matahari
Jus lemon yang dioleskan ke wajah bisa meningkatkan risiko efek samping berbahaya, salah satunya adalah kulit terbakar karena sinar matahari. Maka dari itu, jangan pernah mengoleskan lemon sebelum pergi ke luar ruangan, apalagi saat matahari sedang terik.

4. Leukoderma
Leukoderma yang juga dikenal sebagai vitiligo, merupakan efek dari usaha mencerahkan kulit. Meski demikian, pada saat kamu menggunakan buah lemon, memang kulit akan menjadi cerah. Tapi, kecerahannya tidak merata.

5. Rasa Gatal
Ternyata menggunakan buah lemon untuk perawatan kulit tidak selamanya bagus. Jika tidak cocok, kamu akan mengalami risiko berbahaya yang bisa merusak kulit, salah satunya rasa gatal di wajah.

Demikian informasi mengenai bahaya melalukan perawatan menggunakan buah lemon. Semoga informasi tersebut bermanfaat!

Baca Juga: Ketahui Fungsi Citric Acid dan Sumber Alaminya, Diklaim Berikan Manfaat untuk Keperluan Sehari-hari

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar